Bahaya Warna Tinja Gelap pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berbagai penyakit bisa diketahui dengan melihat warna tinja yang dikeluarkan oleh seseorang, tidak terkecuali tinja yang berwarna gelap. Kondisi tinja seperti ini menunjukan keadaan di dalam organ perncernaan Anda seperti pada perut, usus, atau di bagian lain dari sistem pencernaan. Tidak jarang warna tinja juga menunjukan adanya gangguan penyakit yang sedang dialami. Gelapnya warna tinja bisa menyerang siapa saja termasuk pada pria.

Warna khas tinja diperoleh dari organ hati yang memproduksi cairan empedu dan menyimpannya di dalam kantong empedu. Nantinya kantong empedu akan mengeluarkan cairan ke dalam usus kecil untuk membantu proses pencernaan dan memberikan warna khas pada tinja.

Tinja yang berwarna hitam selain menunjukkan adanya darah, darah yang ada terjadi karena adanya pendarahan di organ perut bagian atas, selain itu bisa juga terjadi akibat pengaruh makanan atau obat. Ini juga bisa terjadi apabila Anda kelebihan zat besi atau usai makan makanan yang berwarna hitam, selain karena kelebihan zat besi tinja yang berwarna gelap ternyata juga merupakan tanda bahaya dari penyakit, antara lain:

  • Tungkak lambung. Tungkak lambung dapat terjadi karena adanya infeksi dari bakteri Helicobacter pylori. Penyebab lain adalah dari penggunaan obat yang berlebihan, merokok dan penyalahgunaan alkohol serta termasuk stress dapat memperburuk tukak lambung. Tungkak lambung terjadi pada luka yang terbuka dan terbentuk di lapisan kerongkongan, perut atau bagian atas dari usus kecil. Tanda-tanda dengan sakit perut seperti rasa terbakar, kotoran hitam, muntah darah, mual, penurunan berat badan dan perubahan nafsu makan.
  • Radang perut. Tanda bahaya dari feses hitam selanjutnya adalah radang perut. Radang perut merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada selaput perut, maka apabila Anda mengalami hal ini, akan membuat Anda tidak nyaman dan merasakan sakit yang parah. Radang perut bisa terjadi karena penyalahgunaan alkohol yang berlebihan, infeksi bakteri, obat-obat tertentu dan rokok. Radang perut bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan yang bisa mengurangi produksi asam lambung atau obat-obatan yang bisa menetralisir asam lambung, pengunaan obat tersebut diyakini bisa mengurangi gejala-gejalanya.
  • Air mata Mallory-Weiss. Ini adalah air mata yang terjadi di mukosa, yaitu tempat esophagus yang memenuhi perut. Kejadian ini sangat jarang ditemukan namun perlu Anda ketahui juga bahwa penyebabnya berasal dari muntah atau batuk yang kuat atau terus menerus dan juga kejang. Hal ini memberikan gejala yang meliputi kotoran berwarna hitam dan muntah darah. Air mata Mallory-Weiss bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam waktu sekitar 10 hari. Namun, bagi Anda yang mengalami pendaharahan parah, Anda memerlukan tranfusi darah untuk mengganti kehilangan darah Anda agar tidak terjadi bahaya-bahaya lain yang bisa terjadi pada Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY