Bahaya yang Ditimbulkan pada Tubuh Jika Minyak Goreng Dipakai Berulang Kali

0
9
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penggunaan minyak goreng untuk memasak tidak bisa dipungkiri memang banyak. Sebab dengan minyak goreng masakan akan lebih lezat dibanding dengan di rebus saja. Banyak sekali makanan yang menggunakan minyak goreng mulai dari cemilan misalnya gorengan dan sampai makanan besar pendamping makanan.

Jika di rumah minyak goreng mungkin hanya digunakan satu kali karena jumlahnya hanya sedikit. Namun jika minyak goreng yang digunakan oleh pedagang makanan pasti ada kemungkinan minyak tersebut dipakai secara berulang kali. Karena jika hanya menggunakan sekali maka sisanya akan terbuang dan membuat dagangannya rugi.

Harusnya agar minyak goreng yang digunakan tidak tersisa terlalu banyak, gunakanlah minyak goreng secukupnya. Sehingga menekan angka kemungkinan anda untuk memakainya berulang kali. Dikarenakan saat anda mengonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak yang sudah digunakan berulang kali akan berbahaya bagi tubuh anda dan menyebabkan anda terkena beberapa penyakit.

Bahaya yang dapat ditimbulkan dari penggunaan minyak goreng berulang kali pada tubuh anda adalah :

  1. Menyebabkan penyakit kanker

Seperti yang dikatakan oleh Sekretaris Komite Nasional Gizi dan Penanggulangan Penyakit Tidak Menular dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Tirta Prawita Sari bahwa jika minyak sudah berubah warna dan masih digunakan untuk memasak memang tidak baik karena dapat menyebabkan penyakit kanker.

  1. Meningkatkan kadar kolesterol tubuh

Minyak goreng yang dipakai secara berulang kali memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dikarenakan pengendapan pada minyak tersebut. Sehingga jika dikonsumsi dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Hal itu terjadi karena minyak goreng membentuk lemak trans yang menyebabkan peningkatan kolesterol.

  1. Penyakit jantung

Saat anda sering mengonsumsi makanan dengan minyak goreng yang dipakai berulang kali maka kemungkinan untuk terserang penyakit jantung lebih tinggi. Karena kolesterol tinggi pada minyak goreng tersebut yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

  1. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Selain penyakit jantung. Minyak goreng yang digunakan berulang kali juga dapat menyebabkan anda terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penyebabnya masih sama yaitu kolesterol tinggi pada minyak goreng tersebut.

  1. Diabetes

Lagi-lagi disebabkan oleh kolesterol tinggi pada minyak goreng yang dipakai berulang kali menyebabkan penyakit yang tidak menular yaitu diabetes atau lebih dikenal dengan penyakit gula.

Itulah bahaya yang ditimbulkan dari pemakaian minyak goreng berulang kali pada tubuh. Agar tubuh anda tetap sehat sebaiknya gunakan minyak goreng satu kali saja agar aman. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY