Bahaya Zat Nikotin Bagi Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Nikotin identik dengan rokok. Apapun yang berasosiasi dengan rokok umumnya bermakna buruk bagi kesehatan, tidak terkecuali nikotin. Inilah sederet bahaya nikotin bagi tubuh, terutama pria:

  • Kanker paru-paru

Nikotin yang menyebabkan candu akan merusak DNA tubuh di mana proses ini akan merusak sistem pengaturan sel yang sehat dan kerusakan sel terjadi dengan cepat. Pertumbuhan sel yang tidak normal akan menyebabkan pembentukan tumor dan kanker. Jenis kanker paling besar yang ditemukan pada perokok adalah kanker paru-paru karena pengaruh nikotin dan asap yang langsung berhubungan dengan sistem pernafasan.

  • Penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu risiko yang siap menanti bagi pecandu rokok. Proses ini juga sangat berhubungan dengan aliran nikotin yang terus menumpuk dalam darah yang kemudian menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit. Jantung bekerja untuk memompa darah ke semua bagian tubuh.

Namun jika aliran darah yang diterima menjadi sangat kecil maka jantung juga akan bekerja keras. Proses inilah yang akan membuat perokok bisa terkena penyakit jantung. Risiko penyakit lain yang masih berhubungan dengan jantung adalah penyakit stroke.

  • Tekanan darah tinggi

Perokok yang aktif memiliki risiko terkena penyakit tekanan darah tinggi yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena nikotin yang ada di dalam rokok masuk ke dalam darah secara langsung. Dalam waktu yang lama, maka pembuluh darah akan mengalami pengerutan dan penyempitan.

Pembuluh darah yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari jantung ke semua bagian tubuh akan mengalami gangguan fungsi. Yang paling besar efeknya adalah pembuluh darah yang bekerja untuk sistem otak. Kondisi pengerutan pembuluh darah ini akan sistem tekanan darah bekerja sangat keras. Hal inilah yang memicu munculnya penyakit tekanan darah tinggi.

  • Kesuburan

Sebuah studi mengatakan bahwa sperma orang yang merokok kualitasnya kurang subur dibanding pria yang tidak merokok. Jadi mungkin, meski penis masih bisa ereksi dan berejakulasi seperti biasa, tetap kecil peluangnya bagi sperma perokok untuk sukses bertahan hidup dalam tubuh wanita sampai bisa tiba di rahim dan membuahi sel telur.

  • Diabetes

Nikotin akan masuk ke dalam darah secara langsung kemudian akan dibawa hingga sampai ke otak. Kemudian nikotin akan merangsang kelenjar adrenalin yang akan meningkatkan adrenalin untuk tubuh. Hubungan inilah yang menyebabkan nikotin bisa menyebabkan risiko diabetes, terutama diabetes tipe 2.

  • Melemahkan sistem otot tubuh

Perokok juga harus menyadari  bahwa nikotin bisa menyebabkan fungsi otot tubuh menurun drastis. Nikotin bisa mengalir lewat darah dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja untuk mencapai otak. Nikotin yang sudah sampai ke dalam otak kemudian akan mengacaukan sistem perintah dengan efek berupa otot yang berkedut dan otot yang terus melemah. Nikotin yang terus mengalir lewat darah kemudian juga bisa menyebabkan otot menjadi semakin lemah. Jika terus terjadi maka bisa menyebabkan kegagalan fungsi otot tubuh. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here