Bahaya Zat Timbal Terhadap Kesehatan Anak dan Balita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Keracunan timbal adalah salah satu masalah kesehatan yang rentan menyerang anak-anak. Timbal adalah logam berat pada kerak bumi yang telah lama digunakan dalam berbagai industri. Tanpa kita sadari, jenis logam berat ini sangat dekat dengan kehidupan anak-anak kita. Selain digunakan sebagai bahan cat, timbal juga diketahui terdapat dalam beberapa mainan anak. Kebiasaan anak-anak yang cenderung memasukkan benda apa pun ke dalam mulut membuat mereka menjadi kelompok yang lebih berisiko terhadap keracunan timbal.

Timbal bisa masuk ke dalam tubuh karena terhirup atau tertelan. Selain karena memasukkan mainan ke dalam mulut, anak-anak dapat menelan timbal tanpa sengaja ketika tangan memasukkan tangan mereka setelah terkena serpihan cat yang mengelupas pada lantai rumah. Debu rumah tangga juga mungkin mengandung partikel timbal dari serpihan cat rumah dinding yang mengelupas atau dari tanah dan debu terkontaminasi yang terbawa ke rumah oleh sepatu atau hewan peliharaan. Dari bulan ke bulan atau tahun ke tahun, timbal akan semakin terakumulasi dalam tubuh. Dan hal ini bisa memicu masalah kesehatan jangka panjang yang serius.

Keracunan timbal bisa mempengaruhi hampir setiap sistem di tubuh. Kadar timbal dalam darah yang tinggi mungkin tidak menimbulkan gejala khusus yang mengkhawatirkan. Namun, seiring semakin tingginya kadar timbal dalam darah, Seiring waktu, anak mungkin melihat kelelahan, sering mengeluh masalah pencernaan, atau anemia. Dampaknya terhadap kemampuan belajar anak juga mulai terlihat, serta pertumbuhan fisik anak juga bisa terganggu.

Mengapa? Karena timbal adalah neurotoksin. Otak anak yang berkembang dengan cepat sangat rentan terhadap toksisitas. Maka dari itu, paparan timbal berkelanjutan sangat berisiko menghambat perkembangan otak dan sistem saraf, dan bahkan bisa menyebabkan cacat intelektual permanen. Tak hanya itu saja, keracunan timbal juga dapat mengakibatkan kerusakan organ, hilang kesadaran hingga kematian. Meski sulit dideteksi, tanda dan gejala keracunan timbal pada anak secara umum meliputi:

  • Penurunan nafsu makan
  • Berat badan turun
  • Kelesuan
  • Nyeri perut
  • Muntah
  • Konstipasi
  • Gangguan pendengaran
  • Kejang
  • Hilang kesadaran

Jika anak Anda menunjukkan gejala keracunan timbal atau khawatir karena sering terpapar benda-benda yang mengandung timbal, segera periksakan ke dokter. Tes darah dapat membantu menentukan kadar timbal dalam darah anak Anda. Tidak ada batas baku kadar timbal darah yang aman. Namun, jika anak memiliki kadar timbal darah 5 mcg/dL, hal itu mungkin menunjukkan kadar timbal darah yang tidak aman untuk anak-anak. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here