Bahayakah Konsumsi Es saat Masa Kehamilan?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hamil merupakan suatu masa yang bagi sebagian wanita suatu hal yang banyak pantangannya, dimana banyak hal yang harus di hindari oleh ibu hamil sampai proses persalinan. Salah satunya yaitu larangan mengkonsumsi air es. Ibu hamil yang mengkonsumsi air es maka akan beresiko melahirkan bayi besar.

Padahal hal tersebut belum diketahui dengan pasti penyebabnya. Pada dasarnya mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terlebih dilakukan ibu hamil demi kesehatan dirinya sendiri dan janin di dalam kandungannya. Ukuran dan berat badan bayi pada umumnya dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain :

  1. Bayi yang dilahirkan posterm, postdate atau serotinus (melebihi waktu perkiraan).
  2. Riwayat orangtua yang memiliki obesitas.
  3. Riwayat kelahiran sebelumnya dengan melahirkan bayi besar.

Pada dasarnya tidak ada larangan yang mengharuskan ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi minuman dingin. Karena air es tidak menyebabkan ibu hamil beresiko melahirkan bayi besar. Akan tetapi air yang membuat bayi menjadi besar apabila ibu hamil mengkonsumsi air es yang dicampur dengan bahan yang mengandung bahan gula seperti sirup, es teh manis, sirup atau produk minuman dingin manis botolan dan kalengan.

Apabila ibu hamil mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat tinggi secara berlebihan inilah  yang memicu terjadinya janin menjadi besar. Apabila tidak anda batasi maka akan mempersulit proses persalinan. Ibu hami yang memasuki trimester 3 dan janin tampak jauh lebih besar dari ukuran normal sesuai usia kehamilan dan peningkatan BB yang berlebihan biasanya dokter akan menyarankan ibu untuk membatasi asupan karbohidrat.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa yang harus di hindari bukan air esnya akan tetapi air es yang mengandung bahan glukosa tinggi. Faktanya makanan atau minuman yang dingin apabila dikonsumsi akan mengkondisikannya dengan suhu tubuh ketika sampai di perut. Sebaliknya minum air es saat hamil justru dapat membantu merangsang pergerakan bayi di dalam kandungan.

Apabila anda merasa khawatir dengan pergerakan bayi yang berkurang maka anda dapat merangsang bayi untuk bergerak dengan mengkonsumsi air dingin karena bayi akan merasakan dinginnya es dan cenderung untuk menghindarinya sehingga timbullah pergerakan. Selain menghindari konsumsi air es yang memiliki kandungan glukosa, anda perlu mewaspadai konsumsi air es yang dibuat dari air mentah yang telah terkontaminasi dan belum di masak karena dapat beresiko pada kondisi kesehatan.

Sehingga apabila anda ingin mengkonsumsi air es buatlah es batu sendiri atau masukan air mineral atau air putih ke dalam botol lalu dinginkan. Mengkonsumsi air es tidak dapat menimbulkan dampak yang berbahaya pada tubuh, akan tetapi dapat menimbulkan beberapa masalah yang mungkin akan mengganggu aktivitas anda, diantaranya sebagai berikut :

  1. Air es dapat menyebabkan ibu hamil mudah lelah karna dapat menghambat penyerapan gizi ibu hamil.
  2. Mengkonsumsi air es sedikit dapat melegakan rasa haus sehingga tidak perlu konsumsi banyak cairan. Kondisi ini disebut dengan kamuflase.
  3. Perut kembung
  4. Masalah usus dimana akan terjadi pengerutan pada dinding usus. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here