Bahayanya Bila Asam Urat Dibiarkan

SehatFresh.com – Penyakit asam urat adalah bentuk awal peradangan arthritis akut yang menyakitkan, disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah. Kadar asam urat yang tinggi mengakibatkan terbentuknya endapan kristal di ruang sendi. Endapan kristal tersebut menyebabkan peradangan, pembengkakan dan membatasi rentang gerak sendi. Peradangan sering terjadi di ruang sendi jempol kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari tangan dan lutut.

Banyak orang yang mengalami serangan asam urat hanya sekali dan tidak pernah mengalaminya lagi (asam urat akut), tetapi ada juga yang mengalami serangan asam urat berulang yang terjadi lebih sering dari waktu ke waktu (asam urat kronis). Asam urat kronis dapat menyebabkan masalah yang lebih parah, terutama jika tidak diobati. Seiring waktu, pengendapan kristal menyebabkan peradangan yang semakin buruk dan dapat menghancurkan sendi.

  • Gangguan pola hidup

Serang asam urat paling sering datang di malam hari. Akibatnya, tidur menjadi terganggu. Jika hal seperti ini terus berlanjut, kurang tidur bisa menyebabkan kelelahan, stres dan mood tidak stabil, yang semakin memperburuk kondisi kesehatan. Selain itu, rasa sakit karena serangan asam urat bisa mengganggu aktifitas sehari-hari. Bahkan, kerusakan sendi yang disebabkan oleh serangan asam urat berulang dapat menyebabkan cacat permanen.

  • Tofi

Semakin lama, endapan kristal asam urat mengakibatkan terbentuknya benjolan yang biasanya tidak disertai rasa nyeri, yang disebut tofi. Tophi biasanya muncul pada tangan, kaki, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan telinga. Tofi terus tumbuh dari waktu ke waktu dan dapat mengikis kulit dan jaringan di sekitarnya yang pada akhirnya semakin merusak sendi.

  • Kelainan bentuk sendi

Jika penyebab asam urat tidak diobati, serangan akut terjadi lebih dan lebih sering. Peradangan yang disebabkan oleh serangan ini ditambah pertumbuhan tofi, menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan sendi. Bentuk sendi akhirnya bisa menjadi tidak sejajar dan tidak bisa bergerak.

  • Batu ginjal

Kristal urat yang sama yang menyebabkan gejala nyeri asam urat juga dapat terbentuk di dalam ginjal. Ini mengakibatkan terbentuknya batu ginjal, yang pada akhirnya mengganggu fungsi normal ginjal.

  • Penyakit ginjal

US National Kidney Foundation menyatakan bahwa banyak orang dengan asam urat juga memiliki penyakit ginjal, bahkan hingga berujung gagal ginjal. Teori lain mengatakan bahwa penyakit ginjal yang memang sebelumnya telah ada bisa mengakibatkan tingginya kadar asam urat yang menyebabkan gejala asam urat.

  • Penyakit kardiovaskular

Gout ini sering terjadi orang dengan tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner, dan gagal jantung. Pada September 2010, artikel dalam “Netherlands Journal of Medicine” menyimpulkan bahwa peradangan asam urat sering dikaitkan dengan percepatan aterosklerosis (pengerasan dinding arteri).

Jika didiagnosis lebih awal, kebanyakan orang dengan asam urat dapat hidup secara normal. Jika sudah kronis, menurunkan kadar asam urat dalam darah dapat meningkatkan fungsi sendi dan mengatasi tofi. Kombinasi obat-obatan dan gaya hidup sehat akan sangat membantu mengurangi gejala serta mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan asam urat.

Sumber gambar : newportalarea.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY