Bahayanya dan Hal yang Harus Dilakukan Setelah Minum Susu Basi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Susu merupakan minuman yang digemari banyak orang. Selain rasanya yang enak, susu juga baik untuk kesehatan tubuh. Susu memiliki manfaat seperti sumber kalsium dan protein bagi tubuh, menjaga kesehatan gigi dan tulang, memperbaiki tekanan darah, menjaga berat badan serta mengurangi stress.

Semua manfaat dari susu akan anda dapatkan jika diminum dalam keadaan baik atau dengan kata lain tidak basi sehingga kandungannya akan diserap oleh tubuh dengan baik. Lalu, pernahkah anda tidak sengaja minum susu basi? Jika pernah, bahayakah minum susu yang telah basi?

Bahaya atau tidak bahaya minum susu basi bergantung dengan respon atau reaksi tubuh anda. Pada umumnya setelah minum susu basi bahayanya anda akan mengalami keracunan. Keracunan terjadi karena susu yang basi mengandung bakteri jahat yang tumbuh dalam susu sehingga berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Efek keracunan atau bahaya dari minum susu basi, anda bisa saja mengalami mual, muntah, diare atau bahkan demam. Gejala-gejala tersebut dapat berlangsung beberapa jam saja atau bahkan berhari-hari bergantung pada lama tanggal susu telah kedaluwarsa, banyaknya bakteri yang sudah berkembang dan juga tergantung sistem kekebalab tubuh anda sendiri.

Jika anda sudah terlanjur minum susu basi, apa yang harus anda lakukan setelahnya? Berikut yang harus anda lakukan setelah minum susu basi:

  1. Cukupi kebutuhan cairan anda

Saat keracunan hal yang cukup bahaya atau memperparah keadaan anda adalah hilangnya cairan. Sehingga anda perlu menjaga jangan sampai tubuh anda kehilangan cairan yang terlalu banyak cairan. Untuk itu minumlah air yang banyak.

  1. Kembalikan energi yang hilang

Untuk menjegah badan lemas tak bertenaga akibat reaksi dari keracunan, anda harus mengembalikan energi yang hilang tersebut seperti dengan mengonsumsi jus buah atau air kelapa sehingga dapat mengembalikan karbohidrat yang kemudian akan dirubah menjadi energi dalam tubuh anda.

  1. Jangan minum minuman yang berkafein

Tidak boleh minum minuman berkafein saat keracunan dikarenakan kafein dapat memperparah iritasi pada saluran pencernaan akibat keracunan. Anda bisa mengantinya dengan minum sari jahe atau daun mint sehingga perut menjadi tenang.

  1. Pergi ke dokter

Jika cara-cara di atas belum membantu, sebaiknya segera pergi ke dokter sebelum keracunan yang anda alami semakin parah. Mintalah obat yang efektif untuk menyembuhkan keluhan anda akibat keracunan dan konsumsi obat tersebut agar keracunan yang anda alami cepat sembuh. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here