Bahayanya Diabetes pada Anak Jika Telat Didiagnosis atau Ditangani

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Waktu yang tepat untuk pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi anak apakah terkena penyakit diabetes atau tidak tentunya apabila anak tersebut menunjukan beberapa tanda terjadinya diabetes. Berikut ini beberapa tanda yang harus anda waspadai dan harus segera pergi ke dokter untuk memeriksakannya, yaitu :

  1. Apabila anda mulai curiga bahwa anak anda menderita kencing manis dengan memberikan tanda gejala sering kencing, mudah haus dan banyak makan.
  2. Apabila anda menemukan kadar gula darah yang tinggi pada anak anda, maka secara pribadi anda dapat segera cek kadar gula di puskesmas atau lab.
  3. Apabila anak anda mengalami komplikasi yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah atau rendahnya kadar gula darah.

Hal tersebut merupakan hal yang harus diwaspadai anda sebagai orang tua mengenai beberapa tanda yang mengharuskan anda membawa anak anda pergi ke dokter untuk diperiksa kondisinya. Apabila hal tersebut tidak segera di diagnosa atau di tangani maka akan menimbulkan hal yang membahayakan kesehatan anak anda.

Apa bahaya jika anak telat di diagnosa atau di tangani penyakit diabetesnya?

Apabila seorang anak tidak segera di diagnosa atau di tangani makan kondisi diabetes anak anda akan menjadi parah sehingga akan menimbulkan beberapa komplikasi yang akan terjadi. Berikut ini beberapa komplikasi yang akan terjadi pada anak anda apabila anak tersebut telat di diagnosa atau di tangani penyakit diabetesnya :

  1. Komplikasi akut
  • Hiperglikemia. Kondisi ini merupakan suatu keadaan dimana penyakit diabetes belum terobati sehingga menyebabkan adar gula darah yang tinggi dan menyebabkan anak merasa lapar, sering BAK, kejang, dehidrasi, lemah, kesadaran yang menurun,dan akan berlanjut kematian.
  • Hipoglikemia adalah suatu keadaan terjadinya penurunan kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini bisa karena disebabkan oleh penggunaan hormon insulin yang disuntikan kedalam tubuh secara berlebihan, kurang atau terlambat makan, dan lelah. Kondisi ini akan menimbulkan kelelahan, perubahan emosional pada anak, dan pingsan. Selain itu kondisi ini akan membuat sel otak anak mengalami kerusakan permanen sehingga proses tumbuh kembang anak tersebut akan mengalami gangguan.
  • Ketoasidosis merupakan suatu kondisi kadae gula darah yang meningkat dan kemudian akan terbentuk menjadi zat sampingan yang disebut sebagai keton. Tanda gejala dari kondisi ini anak akan mudah mengantuk, adanya keton dalam urine, sesak nafas dan nafas yang berbau asam. Kondisi ini akan membuat otak teracunin sehingga dapat menghilangkan kesadaran pada anak, koma dan bahkan kematian.

2. Komplikasi kronis

  • Penyakit jantung
  • Katarak
  • Kandidiasis, yaitu suatu kondisi yang disebabkan oleh infeksi jamur dan biasanya penyakit ini akan menyerang alat genetalia karena tingginya kadar gula darah pada air kencing sehingga memicu tumbuhnya jamur.
  • Gagal ginjal
  • Epilepsi atau kejang
  • Rambut rontok
  • koma

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here