Bahayanya Merokok Bagi Pelajar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Merokok merupakan suatu hal yang dianggap dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan rileks. Namun hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi penggunanya karena memiliki kandungan zat-zat berbahaya didalamnya. Merokok tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, akan tetapi kalangan remaja bahkan anak-anak banyak yang menggunakannya.

Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa anak pelajar lebih mungkin untuk merokok dibandingkan dengan orang dewasa. Selain itu penelitian tersebut menunjukan bahwa tindakan merokok dikalangan remaja semakin meningkat setiap tahunnya. Sekitar 1.100 juta penghisap roko meninggal dunia yang 45% tergolong dari kalangan pelajar.

Berdasarkan data WHO menyatakan bahwa terdapat sekitar 250 juta anak-anak yang meninggal karena pengaruh tembakau dalam rokok. Kebiasaan merokok dikalangan pelajar disebabkan oleh kurangnya informasi dan kesalahpahaman informasi, coba-coba untuk mencari jati diri, termakan iklan atau terbawa oleh teman dan lingkungan. Hal ini tentu harus segera diatasi agar anak-anak muda generasi bangsa tidak menjadi korban dari bahaya rokok.

Kebiasaan merokok dikalangan remaja tentu membawa dampak negatif yang cukup besar karena dapat mengganggu kesehatannya dan tumbuh kembang untuk masa depannya. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang akan dialami oleh pelajar apabila memiliki kebiasaan merokok, antara lain :

  1. Sumber penyakit

Rokok memiliki kandungan zat kimia yang sangat berbahaya dalam tubuh seperti nikotin, tar dan lain-lain. memiliki kebiasaan merokok tentu sangat beresiko terjadinya beberapa penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi kebiasaan merokok dilakukan pada saat remaja atau pelajar. Seperti yang telah kita ketahui didalam bungkus rokok terdapat keterangan bahwa merokok dapat membunuhmu dan dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti kanker, hepatitis, gangguan sistem pernapasan, penyakit jantung, stroke, ginjal dan lain-lain.

  1. Mengganggu sistem reproduksi

Merokok dapat menyebabkan gangguan reproduksi seperti impotensi dan mengurangi jumlah sperma pada pria dan menurunkan kesuburan pada pria.

  1. Beresiko terjerumus pada narkoba dan obat-obatan terlarang

Rokok salah satu bentuk pintu masuk ke dalam dunia narkoba dan obat-obatan terlarang. Menurut riset menyatakan bahwa hampir 90% pengguna narkoba dan obat terlarang pada remaja dan pelajar diawali oleh perilaku merokok secara aktif secara terus menerus. Hal ini tentu akan berdampak pada pergaulan bebas yang akan merusak masa depan remaja.

  1. Bau mulut

Masalah kesehatan dari kebiasaan merokok yaitu nafas menjadi tidak sedap dan bau mulut. Hal ini tentu akan menganggu rasa percaya diri pelajar pada saat berbicara ataupresentasi di kelas dan tentu akan menurunkan tingkat prestasi dan semangat belajar yang kurang.

  1. Gigi menguning

Selain bau mulut dan nafas tidak sedap, kebiasaan merokok dapat membuat gigi menjadi kuning dan merusak kesehatan gigi dan mulut. Dari beberapa kasus ditemukan bahwa kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker mulut. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here