Bahayanya Perawatan Organ Intim Ratus Vagina yang Perlu Wanita Ketahui

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ratus vagina merupakan salah satu perawatan organ intim dengan cara penguapan atau pengasapan dengan rempah alami yang banyak diminati oleh wanita. Perawatan organ kewanitaan ini ternyata tidak hanya menjadi tradisi di Indonesia namun juga merupakan tradisi yang ada di beberapa negara seperti Korea, Eropa dan juga Amerika Utara.

Walaupun terdapat berbagai manfaat didalamnya, namun ternyata perawatan yang satu ini juga memiliki sisi bahaya yang harus diwaspadai. Beberapa bahayanya yang perlu wanita ketahui yaitu sebagai berikut :

  1. Membunuh bakteri baik

Bakteri baik memiliki sifat melindungi, menjaga keseimbangan PH vagina dan menghasilkan antibiotik alami untuk menghalangi bakteri jahat yang akan mencoba menyerang area kewanitaan. Pada umumnya melakukan perawatan ratus vagina bermanfaat untuk membunuh bakteri jahat. Namun perlu diketahui bahwa dengan melakukan perawatan ini juga akan membunuh bakteri-bakteri baik.

  1. Meningkatkan bakteri jahat

Vagina memiliki suhu yang normal dan akan aman karena dilindungi oleh suhu tubuh. umumnya suhu vagina akan bertambah panas saat dilakukan perawatan ratus vagina sehingga bakteri jahat akan semakin berkembangbiak. Selain itu enzim di area organ intim juga akan menurun dan aliran darah meningkat sehingga membuat daerah kewanitaan menjadi gatal.

  1. Ketidakseimbangan jumlah flora

Menurut penelitian dari jurnal National Center for Biotechnology Information (NCBI), menyebutkan bahwa ratus bisa menyebabkan vaginal flora menjadi tidak seimbang. Vaginal flora merupakan mikroba yang ada didalam daerah kewanitaan yang berfungsi melindungi dari berbagai infeksi. Selain itu ketidakseimbangan jumlah flora ini dapat meningkatkan resiko vaginosis bakteri yang disebabkan dari banyaknya bakteri jahat.

  1. Timbul iritasi pada vagina

Menurut Mary jane minkin, M.D., Profesor Klinis Obgyn dari Yale School of Medicine mengatakan ratus beresiko membuat vagina menjadi kering dan mengganggu bakteri baik yang hidup di area orgam intim kewanitaan.

Selain itu proses penguapan dari perawatan ratus vagina ini ternyata dapat menimbulkan iritasi. Hal ini dikarenakan minyak alami yang ada didaerah kewanitaan berkurang sehingga membuat rentan terhadap luka dan iritasi. Menurut Frizar Irmansyah dari dokter ginekologi pembakaran ratus bisa menyebabkan daerah kewanitaan menjadi kemerahan.

  1. Daerah kewanitaan terasa terbakar

Penguapan yang dihasilkan dari ratus vagina menimbulkan efek panas dan organ kewanitaan menjadi terasa terbakar serta resiko luka bakar tingkat dua bisa terjadi kemungkinan jika ratus dilakukan terlalu sering dengan durasi yang berlebih. Menurut Mary Jane jika penguapan berada tepat disebelah kandung kemih dan rektum dapat merusak lapisan diantara keduanya.

  1. Terganggunya keseimbangan Ph kewanitaan

Didalam daerah kewanitaan terdapat bakteri berjenis laktobasilus yang harus dijaga keseimbangannya dengan menyeimbangkan tingkat keasaman Ph daerah kewanitaan tetap antara 3,5 sampai 4,5. Jika dilakukan penguapan dari ratus vagina akan membuat tingkat keasaman Ph kewanitaan menjadi terganggu dan tidakseimbang.hal ini akan membuat jamur dan bakteri jahat didalam vagina berkembang biak dengan cepat sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan didaerah vagina. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here