Bahu terpisah

Bahu terpisah merupakan cedera pada ligamen yang menahan tulang selangka ke tulang belikat. Dalam bahu terpisah ringan, ligamen mungkin hanya akan meregang. Pada luka parah, ligamen mungkin benar-benar pecah. Pada kebanyakan orang, bahu terpisah biasanya tidak memerlukan operasi. Sebaliknya, pengobatan konservatif seperti istirahat, kompres dingin dan penghilang rasa sakit cukup untuk mengurangi rasa sakit. Kebanyakan orang mendapatkan kembali fungsi bahu sepenuhnya dalam beberapa minggu setelah mengalami bahu terpisah.

Gejala
Bahu terpisah umumnya ditandai dengan:
• Nyeri bahu
• Kelemahan pada bahu dan lengan
• Bahu memar atau bengkak
• Gerakan bahu menjadi terbatas
• Adanya benjolan di atas bahu
Segera hubungi dokter jika Anda mengalami nyeri persisten atau nyeri dekat ujung tulang selangka.

Penyebab
Penyebab paling umum dari bahu terpisah adalah pukulan ke titik bahu atau bahu mengalami benturan secara langsung saat Anda terjatuh. Cedera dapat meregangkan atau merobek ligamen yang menahan tulang selangka ke tulang belikat.

Faktor risiko
Anda mungkin berisiko mengalami bahu terpisah jika Anda berpartisipasi dalam olahraga kontak seperti sepak bola dan hoki atau olahraga yang mungkin membuat Anda terjatuh seperti senam dan voli.

Komplikasi
Sebagian besar orang benar-benar pulih dari bahu terpisah dengan pengobatan konservatif. Nyeri yang terus berlanjut mungkin saja terjadi jika:
• Anda mengalami pemisahan bahu parah yang melibatkan perpindahan tulang selangka yang signifikan.
• Anda mengembangkan arthritis di bahu Anda.
• Adanya kerusakan struktur lain di sekitar bahu.

Tes dan diagnosa
Bahu terpisah biasanya dapat teridentifikasi selama pemeriksaan fisik. Tes X-ray dapat memastikan diagnosis dan menentukan keparahan cedera. Namun pada banyak orang yang mengalami bahu terpisah, tes X-ray awal seringkali menunjukkan kondisi normal.

Perawatan dan pengobatan
Sebagian besar orang dapat pulih setelah pengobatan konservatif. Pemisahan minor dapat sembuh dalam beberapa minggu, sedangkan pemisahan yang lebih parah mungkin memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk sembuh. Bahu terpisah biasanya ditandai dengan benjolan yang terlihat di bahu yang terkena, tetapi seharusnya hal tersebut tidak mempengaruhi fungsi bahu. Jika rasa sakit menyerang terus-menerus atau jika Anda mengalami pemisahan yang parah, operasi mungkin menjadi pilihan. Operasi dapat menyambungkan kembali ligamen yang robek dan mereposisi atau menstabilkan tulang yang cedera.

Untuk meredakan rasa sakit, dokter mungkin menyarankan penggunaan obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen (Tylenol), ibuprofen (Advil, Motrin IB) dan naproxen sodium (Aleve). Untuk mempercepat pemulihan, Anda perlu menghindari kegiatan yang memperburuk nyeri bahu Anda. Penerapan kompres dingin selama 15 sampai 20 menit juga dapat mengurangi nyeri bahu dan pembengkakan. Selain itu, peregangan dan latihan penguatan dapat membantu memulihkan kekuatan dan rentang gerak bahu.