Bangun Pagi Menghindarkan Diri dari Depresi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit yang tidak mudah dikenali yaitu penyakit mental merupakan penyakit yang berbahaya karena keberadaannya diketahui dalam waktu yang lama. Berbeda dengan penyakit fisik yang memunculkan gejala sehingga cepat diketahui dan juga cepat ditangani. Selain itu, penyakit mental dampaknya juga lebih berbahaya dari penyakit fisik karena bisa membuat penderitanya melakukan tindakan bunuh diri.

Salah satu penyakit mental yang umum di derita pada wanita adalah depresi. Depresi bisa diderita siapa saja dari orang muda sampai yang dewasa, sekitar satu dari sepuluh orang diperkirakan dapat mengalami depresi pada suatu saat dalam kehidupan mereka. Depresi dapat menyebabkan orang merasa kesal, kehilangan minat pada hal yang mereka sukai dan juga bisa mnyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

Tetapi beruntungnya ada cara yang bisa anda lakukan agar terhindar dari depresi. Caranya cukup mudah yaitu anda hanya perlu rajin bangun pagi maka bisa terhindar dari depresi. Banyak penelitian yang sudah membuktikan kebenaran dari bangun pagi dapat membuat anda terhindar dari depresi.

Salah satunya penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Psychiatric Research. Penelitian tersebut dilakukan pada 32 ribu lebih perawat wanita dengan kriteria usia rata-rata 55 tahun dan tidak memiliki gejala depresi sebelumnya. Dalam penelitian ini mereka dipantau kebiasaan bangun paginya. Hasilnya mereka yang bangun pagi memiliki kadar stress rendah dan 12 sampai 27 pesen memiliki kemungkinan kecil untuk mengalami depresi dibandingkan dengan wanita yang tidur larut dan bangun siang.

Dari penelitian tersebut juga menemukan bahwa mereka yang suka begadang memiliki kebiasaan yang meningkatkan risiko depresi seperti mereka cenderung tidak menikah sehingga menjadi perokok, pola tidur yang tidak menentu sehingga mengalami depresi. Jadi anda perlu menjauhi kebiasaan ini, sehingga tidak mudah terkena depresi.

Itulah penjelasan mengenai bangun pagi dapat menghindarkan diri dari depresi. Jadi anda mulai sekarang jangan malas lagi untuk bangun pagi, sehingga kesehatan mental anda terjaga dengan baik. Penelitian tersebut juga mengingatkan kita pada nasihat orang tua kita bahwa bangun pagi akan membawa rezeki dan salah satu rezeki yang sangat berharga adalah mendapatkan kesehatan.

Dengan bangun pagi juga akan membuat tubuh anda siap dan semangat untuk melakukan aktivitas selanjutnya seperti pergi bekerja dan sekolah. Sebelum melakukan aktivitas tersebut anda juga bisa melakukan olahraga dulu karena banyak waktu jeda sebelum anda melakukan aktivitas harian anda sehingga badan lebih sehat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here