Basket Ekstrakurikuler yang Mengasyikkan dan Bermanfaat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjelang tahun ajaran baru, banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh siswa dan orang tua. Hal tersebut tentu lebih terasa bagi siswa yang akan memasuki jenjang pendidikan selanjutnya, misalnya dari SMP ke SMA. Banyak hal baru yang akan diperoleh dan dipelajari di sekolah lanjutan, salah satunya adalah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. Jika ada yang menanyakan apakah mengikuti suatu kegiatan ekstrakurikuler tersebut memberikan manfaat bagi siswa, maka tentu saja jawabannya adalah sangat bermanfaat. Melalui esktrakurikuler, sekolah ingin memfasilitasi bakat dan minat siswa sehingga siswa bisa terus berlatih dan berkarya dalam mengembangkan kemampuannya.

Ada banyak kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih dan diikuti oleh siswa, salah satunya adalah ekstrakurikuler basket. Ekstrakurikuler ini cukup populer dan banyak diikuti oleh siswa. Seringkali diadakan pertandingan antar sekolah untuk lebih mengasah kemampuan siswa dalam bermain basket.

Mengikuti ekstrakurikuler basket memang sangat mengasyikkan di samping memiliki banyak manfaat untuk kita. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat dari mengikuti ekstrakurikuler basket di sekolah:

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Sudah kita ketahui bersama jika berolahraga secara rutin merupakan suatu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh yaitu jantung, otak dan lain sebagainya. Dengan mengikuti ekstrakurikuler basket, siswa akan secara rutin berolahraga sesuai dengan jadwal esktrakurikuler tersebut. Hal ini cocok sekali bagi siswa yang sebelumnya malas berolahraga.

  1. Membantu pertumbuhan tubuh

Saat remaja, tubuh sedang mengalami proses pertumbuhan. Ikut dalam ekskul basket dapat membantu pertumbuhan dengan optimal karena olahraga basket mengharuskan siswa sering melompat dan hal itu dapat membuat tubuh melepaskan hormon pertumbuhan yang dapat memicu pertumbuhan tinggi badan.

  1. Belajar strategi

Basket merupakan sebuah olahraga yang memerlukan sebuah strategi, sama seperti olahraga lainnya. Strategi ini penting untuk dapat mencapai kemenangan. Hal ini merupakan sebuah latihan yang baik bagi anak agar dapat menyusun strategi untuk mencapai tujuannya.

  1. Kerja tim

Strategi yang sudah disusun harus didukung dengan kerja tim yang baik, karena sebuah strategi yang baik akan menjadi sia- sia tanpa kerja tim. Dalam hal ini, siswa dilatih untuk dapat berkoordinasi dengan anggota satu tim untuk mencapai tujuan bersama. Tentu saja siswa tidak dapat berlaku egois dan menuruti keinginannya sendiri untuk mendapatkan kemenangan. Kerjasama dalam tim akan sangat bermanfaat untuk masa depan, apalagi jika siswa sudah terjun ke dunia kerja nantinya.

Selain basket, ada banyak eskul lain yang bisa diikuti, sesuaikan dengan minat siswa. Maksimalkan masa remaja dengan aktifitas- aktifitas yang positif dan bermanfaat, karena masa remaja adalah saat yang tepat untuk mengembangkan nilai diri. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here