Batas Kadar Asam Urat Pada Wanita

SehatFresh.com – Banyak orang berfikir asam bukanlah sebuah penyakit. Asam urat sebenarnya bukan penyakit yang hadir karena terinfeksi virus atau bakteri. Asam urat merupakan  penumpukan asam urat pada sel darah manusia. Pada dasarnya, asam urat memang telah ada dalam tubuh manusia dan tidak berbahaya selama dalam batas yang normal.

Asam urat adalah bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh dengan cara memecah senyawa organik yang disebut purin. Contoh makanan yang mengandung purin, antara lain hati, ikan asin, makarel, kacang kering, bir, dan anggur. Purin juga dihasilkan ketika terjadi kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Kadar asam urat dalam darah bervariasi dari hari ke hari, selalu berubah tergantung pada jenis makanan dan gangguan pada tubuh.

Asam urat yang dihasilkan akan larut dalam darah, disaring oleh ginjal kemudian di buang melalui urin. Terkadang proses ini terganggu, di mana tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ketika tubuh tidak dapat menyaring asam urat dengan baik. Akibatnya, asam urat tinggi dalam darah atau disebut dengan istilah hiperurisemia.

Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi, maka asam urat yang bertumpuk tersebut akan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang bermuara di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi. Ketika kristal-kristal tajam tersebut masuk ke dalam ruang sendi dan mengganggu lapisan lunak sendi, maka terjadilah peradangan yang terasa sangat sakit.

Sendi yang paling sering mengalami serangan penyakit asam urat ialah sendi kaki dan tangan. Tingginya pembentukan kristal-kristal di kedua sendi tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh suhu bagian tubuh tersebut yang relatif lebih rendah dibandingkan sendi lainnya.

Sendi selanjutnya yang juga rentan terhadap serangan ialah sendi lutut dan siku. Sedangkan sendi yang jarang terkena serangan yaitu yang letaknya dekat dengan badan, seperti sendi leher, punggung, pinggul, dan bahu.

Ada beberapa hal atau faktor yang turut memengaruhi naiknya kadar asam urat di dalam tubuh, di antaranya yaitu makanan, minuman keras, minuman dengan kadar gula tinggi, beberapa kondisi medis, obat-obatan, riwayat keluarga, serta jenis kelamin.

Banyak orang yang tidak mengetahui berapa batasan normal kadar asam urat yang dapat ditanggung tubuh tanpa menimbulkan efek negatif, padahal ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya. Terlebih bagi wanita yang dikenal memiliki banyak kegiatan. Seperti memasak, mencuci, mengurus anak-anaknya, bahkan ada pula wanita yang masih tetap bekerja di luar rumah. Terbanyang jika seorang wanita tidak menjaga kadar gula darahnya, pasti semua kegiatan akan terganggu bukan?

Batas kadar normal asam urat yang masih dikatakan wajar pada seorang wanita dewasa ialah 2-6,5 mg/dL. Sedangkan pada wanita di atas 40 tahun, 2-8 mg/dL, dan pada anak perempuan 3,6 dan 4 mg/dL.

Itulah batas normal asam urat bagi wanita, jka sudah melewati batasan normal, maka Anda harus melakukan upaya untuk mengembalikan batas normal kandungan asam urat dalam tubuh Anda, agar semua aktivitas Anda tidak terganggu.

Sumber gambar : anekatop10.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY