Batas Waktu Aman untuk Bekerja Bagi Jantung dan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bekerja sudah menjadi kewajiban bagi setiap individu agar dapat bertahan hidup. Tidak jarang, beberapa orang tidak memperhatikan waktu dalam bekerja. Jangan sampai kita bekerja melebihi batas kemampuan tubuh. Kita harus tahu batas maksimal untuk bekerja dan senantiasa memberikan tubuh waktu untuk beristirahat agar tubuh selalu sehat. Berapa lama sebenarnya waktu maksimal bekerja yang aman untuk tubuh?

Secara umum menurut beberapa pendapat, 48 jam adalah batas maksimal untuk bekerja. Masing-masing orang memiliki kapasitas tubuh yang berbeda. Ada yang mampu untuk bekerja maksimal di waktu seperti itu, namun ada pula yang memang membutuhkan waktu untuk beristirahat karena lelah dalam bekerja dengan waktu maksimal tersebut. Tetapi yang terpenting adalah setiap pekerja harus mengetahui prinsip kerja agar tubuh tidak mudah untuk drop, yaitu 8 jam untuk bekerja keras, 8 jam untuk bekerja ringan dan 8 jam untuk tidur. Jika pekerjaan mereka menuntut untuk bekerja keras dan waktu untuk beristirahat menjadi berkurang, maka minimal mereka harus menyiapkan waktu tidur selama 6 jam sehari dan dimana ada kesempatan untuk beristirahat, sebaiknya digunakan dengan baik.

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah agar para pekerja tidak lupa untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas atau 2 liter per harinya. Dengan rmengonsumsi air putih secara rutin akan menghindari mereka dari dehidrasi yang cukup membahayakan tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Heart Journal juga menjelaskan bahwa bekerja dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan jantung fibrilasi atrium. Setelah melakukan survei, para peneliti menemukan bahwa mereka yang bekerja lebih dari 55 jam setiap minggu lebih tinggi kemungkinannya didiagnosis mengalami gangguan jantung fibrilasi atrium dibandingkan dengan mereka yang bekerja selama 35-40 jam setiap minggu.

Para peneliti tidak yakin bagaimana bekerja dengan waktu terlalu lama memiliki kontribusi terhadap terjadinya gangguan jantung fibrilasi atrium. Namun, mereka yakin bahwa waktu bekerja yang terlalu lama mampu mengacaukan sistem saraf otomatis, yang akan meningkatkan risiko fibrilasi atrium. Selain itu, orang yang bekerja dengan waktu yang melebihi batas maksimal mempunya faktor risiko lain, seperti obesitas, tidak aktif secara fisik dan mengonsumsi alkohol yang tinggi.

Maka dari itu, ada baiknya agar selalu memperhatikan batasan waktu bekerja yang aman agar tubuh dan jantung tetap terjaga dan terhindar dari penyakit, terutama penyakit jantung. Selalu perhatikan kondisi tubuh jika sudah mulai kelelahan bekerja, maka berikanlah hak tubuh untuk beristirahat. Jangan lupa untuk memperhatikan asupan ke dalam tubuh, dan rutinlah untuk mengonsumsi air putih agat tubuh terhindar dari dehidrasi. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here