Batas Waktu Sinar Matahari Pagi yang Baik Untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Matahari merupakan sumber energi yang sangat berpengaruh pada tumbuhan, hewan dan manusia. Anda pasti berpikir bahwa matahari merupakan salah satu musuh karena dapat merusak kesehatan kulit. Tetapi dibanding dengan kerugian banyak manfaat yang didapat jika mengetahui waktu yang baik untuk mendapatkan sinar matahari pagi dan durasi yang baik untuk berjemur.

Menurut Hardiansyah pakar kesehatan guru besar dari Fakultas Ekologi Manusia di Institut Pertanian Bogor, waktu terbaik untuk mendapatkan sinar matahari pagi yaitu setelah jam 9 pagi sampai jam 1 siang. Sedangkan durasi berjemur yang baik sekitar 15-20 menit saja dan dilakukan 3-4 kali dalam seminggu.

Mana yang lebih baik sinar UVA atau UVB? Sinar UVA dan UVB sama sama memberikan manfaat dan efek buruk. Sinar radiasi UV-A dapat menembus kulit lebih dalam sampai ke dermis atau lapisan kedua dari kulit merusak serat-serat yang berada didalamnya. Sehingga menyebabkan penuaan kulit berupa keriput dan noda hitam, kulit kehilangan elastisitas dan berkerut. Manfaat yang didapat yaitu membantu meningkatkan fungsi dari organ hati sehingga hal ini sangat efektif untuk mengobati penyakit kuning.

Sinar radiasi UV-B hanya merusak lapisan luar kulit/epidermis saja dan memiliki intensitas tinggi antara jam 10 sampai 12 siang. Dalam jumlah yang kecil sinar UVB bermanfaat untuk sintesis vitamin D dalam tubuh. UVB juga merangsang produksi melanin dan produksi epidermis yang lebih tebal dari sel-sel kulit sehingga membantu tubuh mengurangi kerusakan akibat sinar UV. Tetapi kulit yang terpapar UVB terlalu lama dapat menimbulkan kulit kemerahan/terbakar, merusak melanin sehingga kulit menjadi gelap, dapat memicu katarak dan pertumbuhan kanker kulit. Inilah mengapa berjemur dilakukan diatas jam 9 agar mendapatkan manfaat dari vitamin D secara maksimal.

Sinar matahari menjadi sumber vitamin D alami yang dibutuhkan oleh tubuh selain dari sumber bahan makanan. vitamin D dan senyawa lainnya dapat menghambat pegembangan sel kanker, membantu penyerapan kalsium dalam usus yang membuat tulang menjadi kuat, dapat memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi darah dan menormalkan kadar kolesterol dalam darah.

Dalam mendapatkan vitamin D dan manfaat yang maksimal untuk kesehatan serta mengurangi efek buruk dari paparan sinar matahari, anda dapat menggunakan sun protection atau pelindung sinar matahari berupa lotion yang ber SPF mulai 15-30 pada daerah kulit tertentu seperti kulit wajah. Para pakar kesehatan menyetujui bahwa berada dibawah terik sinar matahari merupakan hal baik selama menggunakan lotion berSPF atau sunscreen. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here