BAU BADAN

DEFINISI

Berkeringat dan bau badan adalah fakta kehidupan bagi kebanyakan orang. Keringat berat dan bau badan bisa terjadi ketika Anda berolahraga, ketika Anda terlalu hangat, ketika Anda gugup, cemas atau di bawah tekanan.

Tubuh Anda memiliki dua jenis utama dari kelenjar keringat, dan mereka menghasilkan dua jenis yang sangat berbeda dari keringat. Kedua jenis yang tidak berbau, tetapi jenis keringat yang diproduksi di ketiak dan selangkangan Anda bau buruk ketika menggabungkan dengan bakteri yang ditemukan biasanya pada kulit Anda.

Perubahan yang tidak biasa di berkeringat – baik keringat yang berlebihan (hiperhidrosis) atau sedikit atau tidak ada keringat (anhidrosis) – dapat menjadi perhatian. Demikian juga, perubahan bau badan mungkin merupakan tanda dari masalah medis.

Untuk berkeringat normal dan bau badan, namun, gaya hidup dan rumah perawatan dapat secara efektif mengelola gejala.

GEJALA

Beberapa orang secara alami berkeringat lebih atau kurang dari orang lain. Bau badan juga dapat bervariasi dari orang ke orang. Tapi Anda harus melihat dokter jika:

  • Anda tiba-tiba mulai berkeringat lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya
  • Berkeringat mengganggu rutinitas harian Anda
  • Anda mengalami keringat malam tanpa alasan yang jelas
  • Anda melihat perubahan dalam bau badan Anda

PENYEBAB

Kulit Anda memiliki dua jenis utama dari kelenjar keringat: kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin berada di sebagian besar tubuh Anda dan terbuka langsung ke permukaan kulit. Kelenjar apokrin berkembang melimpah di folikel rambut, seperti ketiak dan selangkangan. Kelenjar tersebut bermuara pada folikel rambut sebelum ke permukaan kulit.

Ketika suhu tubuh Anda menikat, kelenjar ekrin mengeluarkan cairan ke permukaan kulit. Fungsiny mendinginkan tubuh Anda karena penguapan. Cairan ini terutama terdiri dari air dan garam.

Kelenjar apokrin, di sisi lain, menghasilkan cairan seperti susu yang paling sering dikeluarkan ketika Anda sedang stres emosional. Cairan ini tidak berbau sampai terinfeksi bakteri yang ditemukan pada kulit Anda.

Mempersiapkan untuk janji pertemuan Anda
Anda mungkin mulai berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda atau dokter perawatan primer. Dalam beberapa kasus ketika Anda menelepon untuk membuat janji, Anda mungkin akan dirujuk ke spesialis penyakit kulit (kulit).

Berikut beberapa informasi untuk membantu Anda berkonsultasi dan tahu apa yang diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan
Mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda saat konsultasi.

Untuk berkeringat dan bau badan, beberapa pertanyaan dasar untuk meminta dokter Anda meliputi:

  • Apa yang mungkin menyebabkan gejala saya?
  • Apa kemungkinan penyebab lain untuk gejala saya?
  • Apakah kondisi saya kemungkinan sementara atau kronis?
  • Apa tindakan terbaik?
  • Apa saja alternatif untuk pendekatan utama yang Anda menyarankan?
  • Apakah ada alternatif generik untuk obat resep Anda saya?

Apa yang diharapkan dari dokter Anda
Dokter Anda mungkin memberikan beberapa pertanyaan, seperti:

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala?
  • Seberapa sering Anda mengalami gejala ini?
  • Apakah Anda selalu memiliki gejala-gejala ini, atau apakah mereka datang dan pergi?
  • Apa, jika ada, tampaknya memperbaiki gejala Anda?
  • Apa, jika ada, tampaknya memperburuk gejala Anda?

Tes dan Diagnosis
Dokter akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Ia dapat memerintahkan tes darah atau urine untuk menentukan apakah masalah Anda disebabkan oleh kondisi medis yang mendasari, seperti infeksi, diabetes atau tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme).

Perawatan dan Obat-obatan
Jika Anda khawatir tentang berkeringat dan bau badan, solusinya mungkin sederhana:

  • Antiperspirant. Antiperspirant mengandung senyawa berbasis aluminium yang sementara memblokir pori keringat, sehingga mengurangi jumlah keringat yang mencapai kulit Anda.
  • Deodoran. Deodoran dapat menghilangkan bau tapi tidak keringat. Mereka biasanya berbasis alkohol dan mengubah kulit Anda asam, sehingga kurang menarik bagi bakteri. Deodoran sering mengandung wewangian parfum dimaksudkan untuk menutupi bau.

Jika antiperspirant tidak membantu mengontrol keringat Anda, dokter mungkin meresepkan aluminium klorida. Untuk hasil terbaik, gunakan antiperspirant pada malam hari untuk daerah yang paling rentan terhadap berkeringat. Antiperspirant dosis tinggi yang dapat menyebabkan kulit merah, bengkak dan gatal pada beberapa orang. Jika terjadi iritasi, cucilah di pagi hari.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah
Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi keringat dan bau badan. Saran-saran berikut dapat membantu:

  • Mandi setiap hari. Mandi biasa, terutama dengan sabun antibakteri, mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit Anda.
  • Pilih pakaian yang sesuai dengan aktivitas Anda. Untuk pakaian sehari-hari, pilih kain alami, seperti katun, wol dan sutra, yang memungkinkan kulit Anda untuk bernapas. Untuk olahraga, Anda mungkin lebih memilih kain buatan.
  • Pakailah antiperspirant pada malam hari. Saat tidur, oleskan antiperspirant untuk telapak tangan atau telapak kaki. Coba antiperspirant bebas parfum.
  • Cobalah teknik relaksasi. Pertimbangkan teknik relaksasi seperti yoga, meditasi atau biofeedback. Praktek-praktek ini dapat mengajarkan Anda untuk mengontrol stres yang memicu keringat.
  • Mengubah diet Anda. Minuman berkafein dan makanan pedas atau berbau tajam dapat membuat Anda berkeringat lebih atau memiliki bau badan lebih kuat dari biasanya. Menghindari makanan ini dapat membantu.