Bayi Baru Lahir? Pelajari cara Memandikannya!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjadi orangtua baru merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan suami istri, kelahiran anak pertama yang merupakan dambaan bagi pasangan serta keluarga besar tentu akan menjadi tanggung jawab saat mengurusnya. Yang harus dipikirkan para orangtua bukan hanya hal-hal besar seperti pendidikan, kesehatan, dan bakatnya saja. Namun juga pada hal-hal kecil seperti belajar memandikannya, menyuapi saat makan, menyiapkan susu dan lain-lain. Simak beberapa tips yang akan dibahas mengenai cara memandikan bayi.

  1. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala macam keperluan mandi si kecil. Seperti shampo, kain lap, dan baskom seukuran tubuh bayi.
  2. Isi bak mandi dengan air hangat tapi jangan terlalu panas. Jangan lupa untuk mengaduk-aduk air agar hangatnya merata dan tidak berkumpul disuatu titik.
  3. Setelah itu usapkan bayi menggunakan air yang telah disiapkan pada bak mandi, dimulai dengan kepala lalu beralih pada badan. Apabila anda ingin menggunakan shampoo, maka pastikan bahwa kandungannya aman untuk bayi. Sehingga tidak perih dimata atau membuat kulit bayi menjadi iritasi.
  4. Basuh bagian-bagian yang tersembunyi, seperti pada lipatan tangannya, lehernya dan ketiaknya. Anda dapat membasuh langsung dengan air atau menggunakan waslap. Pilihlah waslap berbahan lembut dan khusus untuk bayi.
  5. Bayi baru lahir masih sangat sensitif, namun, jangan sampai anda takut untuk memandikannya. Lihat rambut pada bayi anda, apabila tipis keramasi 1 minggu 2-3 kali. Apabila tebal maka keramasi 4-5 kali. Agar bakteri tidak betah menempel pada rambut si kecil.
  6. Biasanya pada bayi akan muncul kerak dirambutnya. Namun jangan cemas anda dapat menghilangkannya saat memandikannya. Pijat dengan lembut dan dibersihkan saat sampoan. Setelah selesai mandi jangan biarkan kepala bayi terlalu lembab atau kering karena akan membuat kerak-kerak itu datang lagi. Hindari juga memakai topi atau penutup kepala agar bayi tidak cepat berkeringat.
  7. Setelah selesai mengkeramasi bayi, maka bungkuslah bayi dengan handuk yang lembut. Setelah itu tepuk-tepuk badan bayi dengan pelan dan jangan diusap dengan handuk. Setelah tubuh bayi kering, pakaikan baju dan popoknya.
  8. Pada organ kelamin perempuan, anda dapat membersihkannya diatas perlak atau kasur. Gunakan waslap basah, anda dapat juga menggunakan tisu namun dikhawatirkan akan ada serat yang tertinggal. Bersihkan dari vagina ke anus, jangan sebaliknya. Apabila dibersihkan dari anus kevagina maka bakteri dari anus dapat menyebar. Pada organ kelamin laki-laki anda dapat membersihkan pelan pelan didaerah kulupnya dan lipatan pahanya. (NIA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY