Beban Berat pada Tas Sekolah Anak SD Berisiko Fatal

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika orangtua sedikit merasa “miris” apabila melihat putra-putrinya membawa tas yang berat ke sekolah. Terlebih jika sang anak masih duduk di bangku sekolah dasar, yang sedang mengalami perkembangan pada tubuh. Lantas apa resiko membawa tas yang berat bagi anak?

Kondisi yang membuat tas anak menjadi berat

Tas yang berat pada anak, sebenarnya dapat terlihat dari banyaknya buku yang dibawa ke sekolah. Perhitungannya dimulai dari setiap mata pelajaran yang bisa saja harus menyediakan 4 buku. Empat buku tersebut dengan rincian 1 buku paket, 1 buku latihan, 1 buku tulis untuk pekerjaan sekolah (PS) dan 1 buku untuk pekerjaan rumah (PR).

Kemudian dalam satu hari, biasanya terdapat 4 hingga 5 mata pelajaran. Alhasil bila satu pelajaran terdapat 4 buku dan satu hari terdapat 5 mata pelajaran, maka buku yang akan dibawa setiap hari sekitar 20 buah. Namun perlu diingat, itu belum ditambah dengan alat tulis dan bekal makanan yang sudah disiapkan dari rumah.

Membawa beban tas yang berat berisiko fatal bagi anak

Lantas berapa sebenarnya berat ideal tas yang dibawa anak SD? Beban yang dibawa pada punggung saat memakai tas ransel, seharusnya tidak melebihi dari 10% berat tubuh anak. Dengan demikian angka yang lebih dari 10% dianggap sudah tidak ideal.

Jika diperhatikan anak SD saat ini membawa tas yang lebih besar dari tubuhnya, karena memuat berbagai kebutuhan pelajaran. Apabila dirata-rata secara umum, tas anak-anak SD memiliki berat sekitar 3 hingga 5 Kg. Tentu saja kondisi tersebut bisa melebihi batasan ideal dari berat tubuhnya.

Contoh seorang anak SD yang memiliki berat 20 Kg. Berat anak tersebut jika dikalikan 10%, maka didapati beban ideal yang bisa dibawa adalah 2 Kg. Anak seharusnya membawa tas sekolah yang beratnya tidak lebih dari 2 Kg, namun realitanya melebihi batas tersebut.

Membawa beban yang terlalu berat tentu saja akan memberikan dampak negatif bagi perkembangan tubuh anak. Dampak yang bisa muncul antara lain pertumbuhan tulang yang tidak ideal, karena bisa saja anak menjadi bungkuk. Anak juga rentan mengalami gangguan kesehatan, karena rasa lelah yang dialami setiap hari.

Solusi mengatasi beratnya beban tas anak sekolah

  1. Sekolah bisa membuat loker agar siswa dapat menyimpan buku di sekolah. Kondisi tersebut tentu saja dapat mengurangi beban yang dibawa siswa dari rumah.
  2. Orangtua bisa memberikan tas punggung yang dikhususkan untuk anak, misalnya dengan tali yang dilengkapi bantalan.
  3. Orangtua juga bisa memberikan anak tas yang dilengkapi dengan roda di bagian bawah (tas koper). Tas tersebut setidaknya bisa mengurangi beban anak, karena dapat ditarik. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here