Beda Jenis Susunya, Beda Manfaatnya

Susu merupakan menu terakhir dari empat sehat lima sempurna. Manfaat susu yang utama adalah untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh, karena susu kaya akan protein dan kalsium. Selain itu, susu bermanfaat sebagai penetralisisr racun dalam tubuh. Ada berbagai susu yang bersumber dari binatang maupun tumbuhan yang bisa dijadikan alternatif untuk dikonsumsi sehingga kebutuhan akan vitamin dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh kita menjadi terpenuhi sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi susu dikarenakan alergi. Ada banyak pilihan susu yang tersedia saat ini dan ternyata beberapa jenis susu memiliki manfaat tertentu.

Susu sapi
Susu sapi adalah susu yang paling umum dikonsumsi dan mudah ditemukan. Susu sapi kaya akan kalsium, protein, yodium, kalium, lemak, vitamin D, vitamin B dan mineral. Protein dalam susu sapi sangat penting dalam proses pembentukan otot, kalsium dalam susu sapi penting bagi proses pembentukan tulang agar tulang tidak mudah mengalami pengeroposan. Susu sapi juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi tiroid, mencegah asam urat, memperkuat tulang dan mengontrol tekanan darah. Susu sapi yang banyak dijual di pasaran umumnya juga sudah difortifikasi dengan sejumlah zat gizi penting yang disesuaikan dengan kebutuhan gizi kelompok yang mengonsumsinya.

Susu mentah yang langsung dari sapi telah disebut sebagai “sel induk” makanan. Susu mentah mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral serta mengandung bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan usus serta meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu tubuh untuk memanfaatkan keuntungan dari vitamin dan mineral. Namun, susu murni yang tidak melalui proses pasteurisasi, rentan terkontaminasi kuman sehingga berisiko bagi kesehatan. Baik susu pasteurisasi maupun susu mentah memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Pastikan susu yang Anda pilih adalah susu yang sehat dan bebas kontaminasi serta aman untuk dikonsumsi.

Susu kedelai
Susu kacang kedelai merupakan hasil sari kacang kedelai murni yang diolah menjadi susu segar dan mengandung manfaat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Susu kedelai adalah salah satu alternatif terbaik bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa atau bagi Anda yang menjadi vegetarian. Susu kedelai mengandung asam lemak, protein, serat, vitamin dan mineral yang baik untuk jantung dengan mengurangi kolesterol jahat dan membantu dalam penurunan berat badan juga. Omega 3 dan omega 6 yang terkandung dalam susu kedelai bisa memperkuat pembuluh darah, mencegah kanker prostat, osteoporosis dan meringankan sindrom menopause. Para penderita kanker bisa menambahkan menu susu kedelai dalam diet harian mereka, karena susu kedelai telah diteliti memiliki kandungan antioksidan yang ampuh untuk membunuh sel-sel kanker.

Susu kambing
Susu kambing kaya akan kandungan zat besi, kalsium, fosfor dan magnesium dan rendah lemak. Jenis susu ini membantu untuk mencegah pelunakan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan anemia. Wanita lebih rentan terhadap kekurangan zat besi, dan susu kambing dapat menjadi solusi masalah tersebut. Susu kambing juga membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan metabolisme serta penyerapan mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor dan magnesium.

Susu almond
Ada banyak manfaat kesehatan dari susu almond. Ini membuat Anda kenyang lebih lama dan merupakan pilihan yang baik untuk vegetarian. Hal ini kaya protein, vitamin E, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, mangan, tembaga dan riboflavin Tidak seperti susu sapi itu rendah kalori, membantu dalam mengobati penyakit jantung dan kekebalan meningkatkan.

Susu unta
Susu unta mengandung sedikit lemak dan laktosa, tetapi kandungan potassium, zat besi 10 kali lebih tinggi dari susu sapi. Susu unta mengandung kolesterol 40% lebih rendah dari susu sapi serta memiliki kaya akan kandungan mineral seperti sodium dan magnesium. Susu unta diyakini berkhasiat untuk meringankan gejala autisme, meredakan kram dan kembung pada perut, dan memiliki senyawa yang dapat mencegah kanker kolon.

Susu kuda
Susu kuda memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan susu sapi, dan kandungan lemak tidak jenuh di dalamnya membuat susu ini mudah diserap oleh tubuh. Susu ini telah diteliti dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menstimulasi pembersihan organ dalam tubuh. Susu kuda dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga bakteri buruk dalam usus tidak dapat berkembang lebih lanjut dan zat-zat beracun dalam darah bisa dinetralisir.

*pic merdeka.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY