Bekal Sehat untuk Mudik

SehatFresh.com – Menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri, banyak orang sudah bersiap-siap untuk mudik. Tentunya, banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mudik. Selain persiapan fisik dan memeriksa kelayakan kendaraan, persiapan bekal makanan dan minuman sangatlah penting guna menunjang kelancaran mudik terutama bila perjalanan mudiknya sangat jauh. Memang, makanan bisa dibeli ketika di jalan, tetapi lebih baik membawa bekal. Selain lebih sehat dan higienis, bekal pastinya akan sangat berguna ketika dalam situasi darurat seperti macet berkepanjangan atau tempat makan yang padat pengunjung di waktu berbuka puasa tiba.

Saat mudik, penting untuk tidak jajan atau makan sembarangan. Asupan makanan yang tepat sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi pengemudi. Pasalnya, makanan atau minuman tinggi gula sebaiknya dihindari karena dapat merangsang kantuk. Pada beberapa orang, pemanis bahkan dapat memicu sakit kepala sehingga dapat menganggu kelancaran perjalanan mudik. Makanan tinggi lemak seperti gorengan juga dapat memicu rasa kantuk karena mampu mengurangi ikatan oksigen dalam darah.

Selain itu, camilan asin seperti keripik sebaiknya juga dihindari. Kandungan garam dalam makanan asin dapat menarik cairan tubuh sehingga meningkatkan risiko dehidrasi. Salah satu efek yang terasa adalah rasa haus yang berlebihan. Agar tidak mengalami gangguan pencernaan, makanan asam dan makanan pedas juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat perjalanan mudik.

  • Nasi dan lauk pauk

Untuk makanan berat, Anda dapat membawa nasi serta lauk pauknya. Ketimbang membawa lauk pauk yang digoreng, lebih baik membawa tumis sayur-sayuran. Tumisan umumnya tidak repot dikemas dan tidak cepat basi. Selain itu, tumisan yang terdiri dari aneka sayuran tentunya lebih menyehatkan.

  • Buah-buahan

Ketimbang makanan ringan kemasan, buah tentunya lebih sehat dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi selama menempuh perjalanan jauh. Buah seperti pisang dan apel sangat praktis untuk dibawa kemana pun tanpa harus repot dipotong-potong terlebih dulu. Sedangkan untuk buah seperti mangga dan melon, sebaiknya dipotong kecil-kecil dan disimpan dalam wadah. Anda juga bisa mencampur berbagai buah potong dengan sayuran dan menjadikannya sebagai salad. Alangkah lebih baik bila Anda membawa cooler box.

  • Roti gandum

Bila tak ingin repot membawa nasi, Anda bisa menggantinya dengan roti gandum. Roti gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat sehingga membuat Anda berenergi lebih lama. Untuk menambah nilai gizinya, roti gandum dapat padukan selai kacang. Selai kacang kaya akan protein, lemak sehat, dan kalium sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat perjalanan mudik jauh. Sebagai alternatif, biskuit gandum bisa menjadi pilihan camilan sehat yang mengenyangkan.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral dan lemak sehat sehingga sangat baik untuk menunjang energi tubuh. Tentunya, ini menjadi bekal camilan yang ideal untuk dibawa saat mudik. Berbagai jenis kacang-kacangan bisa dipilih sebagai camilan sehat, seperti kacang almond, kacang mete dan kacang kenari.

  • Air putih

Pastikan juga Anda membawa bekal air putih yang memadai. Hal ini sangat penting guna mencegah kelesuan akibat dehidrasi. Bagi Anda yang mengemudi, sebaiknya tidak terlalu bergantung pada kopi. Kopi hanya akan memberikan energi yang sifatnya sementara. Setelahnya, tubuh akan terasa lebih lelah. Selain itu, kafein dalam kopi merangsang dorongan buang air kecil secara berlebihan karena sifatnya diuretik. Hal dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Agar tubuh tetap fit selama perjalanan mudik, penting untuk makan tepat waktu dan tidak makan berlebihan. Asupan makanan dan cairan harus seimbang. Bila perlu, Anda juga dapat mengonsumsi multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh tetap berstamina. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa bekal obat-obatan standar seperti obat diare, obat sakit kepala, obat anti-alergi, obat maag, dan obat anti-mabuk perjalanan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY