Benarkah Diabetes pada Anak Disebabkan Oleh Faktor Keturunan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit diabetes merupakan penyakit yang biasa disebut dalam bahasa indonesia penyakit kencing manis. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kandungan glukosa dalam darah atau gula darah. Penyakit ini mungkin biasanya dikenal dengan penyakit yang terjadi pada orang dewasa, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa di jaman saat ini anak-anak juga dapat mengalami hal tersebut. Banyak faktor penyebab terjadinya penyakit diabetes. Akan tetapi benarkah penyakit diabetes pada anak disebabkan oleh keturunan?

Diabetes dibedakan menjadi dua yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 yaitu diabetes yang terjadi karena organ tubuh yang disebut pankreas mengalami kerusakan sehingga tidak dapat memproduksi insulin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Sedangkan diabetes tipe 2 adalah diabetes dimana organ pankreas masih bisa memproduksi insulin akan tetapi organ tersebut tidak peka terhadap insulin. Beberapa pertanyaan yang mungkin sering dilontarkan yaitu mengenai faktor penyebab terjadinya diabtes yang disebabkan karena faktor keturunan. Pertanyaan tersebut benar adanya karena menurut beberapa para ahli menyimpulkan bahwa penyakit diabetes ada hubungannya dengan faktor keturunan. Apabila seorang anak yang kedua orangtuanya menderita diabetes maka akan dipastikan anak tersebut juga akan menderita penyakit diabetes.

Kasus diabetes pada anak lebih banyak terjadi diabetes tipe 1 menyatakan bahwa 10% dari anak yang mengidap penyakit diabetes berasal dari keluarga yang memiliki riwayat diabetes. Menurut pernyataan dokter spesialis anak dari Siloam HospitalK Kebon Jeruk yang bernama dr Andy Japutra, SpA menyatakan bahwa  bahwa diabetes tipe 1 lebih banyak menyerang anak-anak dan remaja, diabetes tipe satu disebut dengan insulin dependent diabetes millitus. Sedangkan diabetes tipe 2 lebih sering menyerang orang dewasa dan anak-anak yang mempunyai masalah dengan obesitas.

Penyakit diabetes tipe 1 pada anak tidak bisa disembuhkan sama sekali hal ini disebabkan karena kerusakan pankreas sebagai penghasil insulin bersifat permanen, sehinggan pengobatan satu-satunya yaitu dengan memberikan hormon insulin dengan cara penyuntikan secara subkutan di daerah paha atau lengan atas secara tepat waktu dan terus menerus. Sedangkan penyakit diabetes tipe 2 yang menyerang anak-anak bisa disembukan akan tetapi tida secara total. Jenis pengobatan diabetes tipe ini yaitu dengan cara melakukan pola hidup sehat dan mengkonsumsi obat pengontrol gula darah apabila diperlukan.

Menurut dr Lusiana Kurniawati, SpPD menyatakan bahwa secara umum apabila seorang ayah memiliki penyakit diabetes tipe 1 maka 0,06% kemungkinan anaknya akan mengalami penyakit diabetes juga. Menurut beliau diabetes dikelompokan menjadi diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes tipe lainnya. penyakit ini tidak hanya disebabkan oleh keturunan, faktor lingkungan, dan gaya hidup. Apabila seorang ibu berumur di bawah 25 tahun menderita diabetes tipe 1 akan melahirkan seorang anak yang beresiko juga mengalami diabetes sekitar 0,04%. Sedangkan seorang wanita yang berumur lebih dari 25 tahun akan melahirkan seorang anak maka anak tersebut akan beresiko mengalami diabetes sekitar  0,01%.

Seorang anak yang orangtuanya menderita penyakit diabetes tipe 1 maka anak sekitar 0,1 – 25% akan mengalami diabetes juga. Selain itu jika seorang anak yang orang tuanya telah menderita penyakit diabetes sebelum usianya 11 tahun maka anak tersebut akan beresiko dua kali lipatnya. Apabila anak yang berasa dari kedua orang tua yang memiliki diabetes tipe 2 di usia 50 tahun maka resiko terjadinya diabetes pada anak tersebut sekitar 0,14%. Dan apabila orangtua terdiagnosis mengalami diabetes pada usia lebih dari 50tahun makan resiko anak mengalami diabetes menjadi 0,08%. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here