Benarkah Kegiatan Bercinta yang Rutin dapat Membuat Otak Lebih Sehat?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika banyak yang menganggap bahwa hubungan seksual suami istri hanyalah sebagai pemenuhan kebutuhan biologis. Padahal terdapat banyak manfaat seks yang secara medis bisa dipetik, salah satunya adalah membuat otak lebih sehat.

Menurut beberapa hasil penelitian membuktikan jika melakukan hubungan seksual secara aman dan teratur, memiliki manfaat untuk mengurangi berbagai risiko penyakit tertentu. Berhubungan seks antara suami istri merupakan salah satu bukti cinta kasih yang ingin ditunjukan kepada pasangan.

Bercinta bila dilakukan secara intens dan rutin, rupanya dapat membuat kualitas hidup menjadi lebih menyehatkan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat-manfaat dari berhubungan seks secara rutin bagi suami istri.

Hubungan seksual yang rutin dapat menyehatkan otak

Rutinitas seseorang dalam pekerjaan dapat membuat otak menjadi stres. Salah satu cara untuk membuat otak kembali segar adalah melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Hubungan seksual yang rutin sebagai salah satu olahraga

Hubungan seksual dapat dikatakan sebagai satu olahraga yang menyenangkan, apabila dilakukan dengan cara yang sehat. Setidaknya tubuh akan membakar 5 kalori per menit, dalam setiap aktivitas seksual. Denyut jantung seseorang ketika orgasme rupanya setara dengan olahraga ringan. Namun demikian guna memenuhi kebutuhan rata-rata gerak tubuh, seseorang tetap perlu menjalani olahraga lain.

Hubungan seksual dapat membuat jantung lebih sehat

Seperti yang diketahui jika orgasme atau rangsangan seksual dapat menyebabkan denyut jantung meningkat. Berhubungan seks dua kali seminggu rupanya dapat mengurangi risiko serangan jantung, dibandingkan dengan pasangan yang berhubungan seks sebulan sekali.

Hubungan seksual yang rutin dapat meredakan stres

Seseorang yang jarang melakukan hubungan seks memiliki risiko paling besar mengalami stres, jika dibandingkan dengan kelompok yang rutin melakukan aktifitas seks. Rangsangan seksual ternyata dapat melepaskan zat kimia ke otak dan hormon yang bisa menyebabkan seseorang merasa lebih nyaman.

Hubungan seksual yang rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Rupanya terdapat hubungan antara sistem kekebalan tubuh dengan seberapa seringnya seseorang melakukan hubungan seksual. Tingkat imunoglobulin A (IgA)  pada pasangan yang menjalani aktivitas seksual sekali atau dua kali dalam seminggu bisa 30% lebih tinggi, jika dibandingkan dengan pasangan yang tidak rutin. Kemudian antibodi tersebut akan berfungsi dalam mempertahankan tubuh dari serangan penyakit.

Hanya saja pasangan yang melakukan aktivitas seks lebih dari dua kali dalam sepekan, justru mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih rendah. Alhasil demi mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar tetap prima, ahli medis menyarankan agar setiap pasangan tetap menerapan gaya hidup sehat.

Hubungan seksual yang rutin dapat mengencangkan otot pinggul

Hubungan seks yang rutin dan sehat dapat bermanfaat bagi wanita, khususnya dalam mengencangkan otot panggul bawah. Selain itu beberapa aktivitas seks juga dapat bermanfaat untuk membentuk otot tubuh lainnya seperti paha, tangan, kaki, punggung, hingga bokong. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY