Benarkah Konsumsi Makanan Pedas saat Puasa Bisa Memicu Maag?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Maag adalah salah satu penyakit yang menyerang pencernaan. Meningkatnya asam lambung membuat maag seringkali menjadi kendala dalam menjalankan ibadah puasa. Sakit maag (dispepsia) sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu maag fungsional dan dispepsia organik.

Maag fungsional terjadi jika penderitanya makan tidak teratur, makan makanan berlemak, minuman bersoda, kopi, stres dan merokok, tanpa ada kerusakan berarti di dalam lambung. Sedangkan maag organik terjadi karena adanya sesuatu yang tidak normal di dalam lambung, seperti tukak lambung, tukak usus duabelas jari, GERD (Gastroesophageal reflux disease), polip atau kanker di kerongkongan, usus duabelas jari dan lambung.

Sambal atau cabai memang sudah menjadi bahan makanan yang tidak terpisahkan buat sebagian masyarakat Indonesia. Namun, banyak yang tidak berani untuk mengkonsumsi cabai saat berpuasa karena takut membuat sakit perut. Makanan pedas bisa membuat Anda merasa seperti terbakar pada lapisan perut Anda. Makanan serba pedas juga bisa memicu kekambuhan maag. Karena itu, Anda harus menghindarinya.

Rasa pedas bisa menyebabkan gangguan pada perut dan meningkatkan asam lambung dan terjadilah gangguan pencernaan. New York University Medical Center Langone memeringatkan larangan mengonsumsinya karena makanan pedas dapat menyebabkan iritasi lambung ringan. Sementara bagi Anda yang sudah memiliki gastritis, maka keadaannya bisa membuat gejala lebih buruk.

Makanan dan minuman yang perlu diperhatikan saat berpuasa:

  • Jangan mengonsumsi makanan/minuman berkafein, kopi atau soda. Ini merupakan cara berpuasa penderita maag yang harus diperhatikan. Bahkan untuk orang yang tidak menderita maag, makanan/minuman seperti ini juga harus diwaspadai.
  • Hindari penggunaan obat yang bisa menyebabkan peradangan pada lambung semakin memburuk.
  • Jangan merokok, rokok bisa memperparah sakit maag.
  • Hindari makanan yang digoreng, mengandung banyak lemak, makanan asam(termasuk buah yang sangat asam).
  • Hindari juga makanan yang terlalu manis dan karbohidrat olahan seperti roti.
  • Makanlah makanan yang bisa dicerna lebih lambat pada saat sahur. Cara ini bisa membuat perut kenyang yang lama dan terhindar dari kelaparan saat puasa.
  • Penderita maag yang berpuasa juga boleh makan kacang almond ketika sahur. Almond mengandung protein dan serat yang baik untuk tubuh saat berpuasa.
  • Kurma sangat baik untuk dikonsumsi ketika sahur. Buah kurma yang kaya akan serat, karbohidrat, kalium dan magnesium.
  • Pilih makanan yang direbus atau dipanggang daripada yang digoreng. Makanan yang dimasak rebus jauh lebih baik untuk kesehatan, terlebih bagi orang yang terkena sakit maag.
  • Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan.
  • Buah pisang bisa dijadikan santapan pembuka ketika berbuka puasa. Pisang merupakan sumber karbohidrat, kalium, dan magnesium yang bermanfaat bagi tubuh.
  • Perbanyak minum air putih saat sahur. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here