Benarkah Lingkar Pinggang Pria Besar Beresiko Kanker Prostat?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pria yang memiliki lingkar pinggang terlalu besar, rupanya tidak bagus untuk kesehatan. Tentu saja ini menjadi peringatan bagi pria yang mengalami obesitas, untuk sesegera mungkin mengubah bentuk tubuhnya menjadi sedikit lebih ramping. Lantas apa resikonya bagi pria yang memiliki lingkar pinggang terlalu besar?

Penelitian tentang prostat dan lingkar pinggang

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pria yang memiliki lingkar pinggang terlalu besar beresiko terkena kanker prostat. Penelitian tentang prostat tersebut dilakukan di University of Oxford dengan melibatkan sekitar 130 ribu pria dari delapan negara di Eropa. Partisipan dalam penelitian ini berada dalam usia 50 tahunan.

Penelitian ini mengungkapkan jika pria yang memiliki lingkar pinggang di atas dari 94 cm, lebih memiliki resiko menderita kanker prostat. Apabila dibandingkan dengan pria yang memiliki lingkar pinggang 84 cm, maka pria dengan lingkar pinggang besar memiliki resiko 13% lebih tinggi mengidap kanker prostat.

Meski banyak pria yang kurang memperhatikan kesehatan organ tubuh ini, namun prostat dalam kenyataannya memiliki fungsi cukup besar. Prostat inilah yang mempunyai pengaruh cukup dominan pada kondisi kesuburan pria karena pada organ ini produksi sperma dilakukan.

Mengingat ukuran lingkar pinggang dapat berpengaruh pada resiko menderita kanker prostat, ada baiknya jika pria mulai memperhatikan berat badan agar tetap ideal. Banyak cara bisa dilakukan seperti memperbaiki pola makan, gaya hidup, dan olahaga yang teratur.

Olahraga yang mudah dilakukan untuk mengecilkan lingkar pinggang

Olahraga yang teratur dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan seseorang, termasuk menurunkan berat badan. Olahraga mampu membakar lemak tubuh dengan cepat, sehingga berkhasiat mengecilkan bagian-bagian tertentu termasuk pinggang.

Satu cara yang wajib dilakukan adalah melatih perut, sehingga kadar lemak yang terdapat di area perut serta pinggang dapat berkurang. Untuk melatih otot perut dan pinggang, seseorang dapat melakukan aktivitas jogging atau bersepeda.

Jogging meski dianggap olahraga yang murah, ternyata memiliki manfaat yang cukup besar. Pasalnya saat berlari seluruh tubuh akan bergerak, sehingga lemak dan kalori yang terbakar pun cukup besar. Jika bosan berlari, seseorang bisa bersepeda berkeliling tempat tinggal. Dengan jogging dan bersepeda selain mengecilkan pinggang, seseorang juga dapat menyegarkan pikiran.

Selain itu sebagai alternatif, pria juga bisa melakukan latihan yoga. Namun jika belum menguasai yoga, pria bisa melakukan beberapa gerakan olahraga yang tujuannya mengecilkan pinggang. Olahraga tersebut seperti push up, sit up, atau skot jump.

Khasiat dari olahraga tersebut adalah mengecilkan sekaligus mengencangkan pinggang dan perut. Dalam satu pekan seseorang bisa melakukannya 3 hingga 4 kali, dengan lama olahraga 15 hingga 30 menit. Lakukanlah olahraga-olahraga tersebut secara rutin setiap pekan, agar hasil yang didapatkan bisa lebih optimal. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here