Benarkah Makanan Granola itu Cemilan yang Pas untuk Diet?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com  Saat ini, granola menjadi salah satu menu sarapan yang sedang hits bagi para pecinta gaya hidup sehat. Apa sih granola itu? Granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering. Granola juga dapat ditambahkan dengan minyak, madu atau pemanis lainnya.

Kandungan dalam granola tidak selalu sama satu dengan yang lainnya. Setiap granola dapat mengandung bahan yang berbeda-beda, oleh karena itu nilai gizi yang terkandung juga berbeda. Ada yang memiliki kandungan gula, lemak, kalori atau protein lebih banyak, tergantung dari bahannya.

Bahan-bahan dari granola meliputi gandum, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering. Dari bahan-bahan tersebut terkandung nutrisi penting seperti protein, zat besi serta lemak sehat untuk jantung dan serat. Granola juga mengandung kalori, ada yang mengandung 300 kalori per cangkir, namun ada juga yang mengandung hingga 600 kalori yang bersumber dari kelapa, coklat, gula tambahan termasuk tebu, madu dan sirup.

Kandungan utama dari granola adalah oat dan kacang-kacangan, sehingga granola mengandung serat yang tinggi. Serat yang tinggi dalam granola membuat granola bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, membantu menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah serta membantu membuat Anda menjadi kenyang lebih lama.

Dalam granola juga terdapat kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Beberapa jenis vitamin dan mineral yang penting dari granola adalah vitamin E, tiamin, magnesium, asam folat, fosfor, tembaga, seng, selenium dan mangan. Vitamin dan mineral yang terkandung pada granola juga tergantung dari bahan-bahan granola itu sendiri.

Amankah mengonsumsi granola ketika sedang melakuka diet?

Granola dapat menjadi salah satu pilihan menu yang sehat ketika Anda sedang melakukan diet. Hal ini dikarenakan granola memiliki kandungan serat yang tinggi. Tetapi, ada yang harus Anda perhatikan. Anda tetap harus berhati-hati terhadap bahan tambahan dan kalori tinggi yang bisa saja terdapat dan terkadung dalam produk granola jika Anda ingin mengonsumsi granola secara teratur.

Jika Anda ingin membuat dan menyajikan granola sendiri, perhatikan dan jangan salah pilih produk granola. Jangan sampai Anda membuatnya menjadi makanan yang tinggi akan gula dan lemak, sehingga akan mengganggu proses diet Anda. Perlu diketahui bahwa granola dengan komposisi yang paling alami adalah granola yang paling sehat dan bermanfaat, serta memiliki kandungan yang aman dan tidak akan mengganggu proses Anda dalam melakukan diet. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here