Benarkah Membaca Buku Dapat Mengatasi Sulit Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidur merupakan kebutuhan semua orang. Tidur menjadi waktu istirahat setelah seharian penuh beraktivitas. Saat tidur anda juga berkesempatan mengumpulkan atau mengisi ulang energi yang telah hilang di pagi dan siang hari, sehinnga keesokan harinya anda dapat beraktivitas dengan baik dan bersemangat tentunya.

Meski mudah dijalankan, perlu anda ketahui bahwa ada beberapa orang yang mengalami masalah sulit tidur atau biasanya disebut juga dengan insomnia. Mereka tidak bisa tidur meski sudah mencoba memejamkan matanya. Kebanyakan orang yang mengalami sulit tidur adalah orang dewasa.

Penyebab sulit tidur sangat bermacam-macam seperti gaya hidup yang tidak teratur, gangguan psikologis dan emosional, lingkungan yang tidak kondusif serta penggunaan obat tertentu. Penggunaan obat yang dimaksud biasanya karena tidak bisa mengatasi kesulitan tidur maka beberapa orang dewasa memilih untuk mengonsumsi obat agar bisa tidur. Namun obat tertentu seringkali kurang efektif dan dampaknya makin sulit tidak bisa tidur.

Untuk mengatasi sulit tidur secara aman, ada yang mengatakan dengan cara membaca buku. Lalu benarkah kesulitan tidur yang anda rasakan dapat terobati hanya dengan membaca buku? Ya, memang benar dengan membaca buku memiliki kemampuan untuk mengatasi kesulitan tidur yang anda rasakan.

Membaca buku untuk mengatasi sulit tidur dianggap lebih efektif dibanding dengan cara lainnya seperti menonton TV. Menonton TV untuk menangani sulit tidur anda justru akan membuat anda tetap terjaga atau tidak tidur. Sebab TV dapat memberikan cahaya atau cahaya TV akan membantu mata terblokir dan justru akan membuat tubuh anda semakin terjaga.

Buku yang anda baca sebelum anda tidur akan memberikan efek terhadap pikiran anda menjadi rileks, tenang dan kemudian tubuh akan memberikan sinyal tidur. Namun, jika anda ingin menggunakan cara ini sebaiknya ciptakan lingkungan yang mendukung seperti cahaya di kamar anda jangan terlalu terang karena akan mempengaruhi tubuh anda. Batasi juga waktu baca anda, karena beberapa orang kesulitan berhenti membaca saat menyukai suatu buku dan akhirnya tidak tidur. Mungkin anda bisa memberi waktu baca kurang lebih dua jam, setelah itu berhenti dan matikan lampu lalu tidur serta beristirahat.

Itulah penjelasan tentang kebenaran bahwa membaca buku dapat mengatasi masalah sulit tidur. Jadi bagi anda yang sulit tidur, bisa menggunakan cara ini. Mungkin anda bisa siapkan beberapa buku dengan topik kesukaan anda untuk menemani tidur di malam hari. Semoga bermanfaat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here