Benarkah Mendengar Musik Bisa Mengusir Stres?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com  Menurut Dokter saraf dari India yaitu dr. JS Kathpal, musik dapat berperan sebagai terapi untuk membantu berbagai kondisi neurologis seperti cemas, insomnia dan depresi. Selain itu, musik juga dapat membantu meningkatkan konektivitas otak dan melepaskan endorphin (hormone bahagia) yang bisa memberikan efek positif pada otak. Musik juga ternyata mampu untuk menjaga tekanan darah tetap normal dan membantu proses penyembuhan. Musik hip-hop terbukti dapat meningkatkan konektivitas dengan orang dan membantu penderita skizofrenia serta pengobatan pada depresi.

Banyak ilmuwan dunia yang setuju bahwa mendengarkan musik dapat memperbaiki suasana hati. Salah satu penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Positive Psychology, mengungkapkan bahwa perbaikan mood dan penurunan tingkat stres tampak terlihat setelah dua minggu rutin mendengarkan musik.

Lalu, jenis musik apa saja yang mampu untuk mengurangi stres?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa instrument musik, drum dan seruling sangat efektif untuk menenangkan pikiran. Bahkan ketika dimainkan dengan cukup keraspun, mereka tetap mampu memberikan ketenangan. Suara hujan dan suara alam juga dapat membuat diri menjadi rileks terutama ketika bercampur dengan musik lainnya seperti jazz dan musik yang termasuk ke dalam “easy listening music”.

Mengapa mendengarkan musik bisa mengurangi stres?

Kekuatan menenangkan dari musik sudah cukup teruji. Musik terbukti memiliki hubungan yang unik dengan emosi kita, sehingga bisa menjadi alat manajemen stres yang bisa diandalkan dan sangat efektif dalam mengurangi stres. Mendengarkan musik juga dapat memberikan efek relaksasi yang luar biasa pada pikiran dan tubuh kita, terutama untuk jenis musik klasik yang lambat dan tenang. Jenis musik klasik dapat memberi efek yang baik pada fungsi fisiologis, memperlambat denyut nadi dan detak jantung, menurunkan kadar hormone stres, dan menurunkan tekanan darah.

Cara bekerja musik dalam mengurangi stres adalah, ia bertindak sebagai pengalih perhatian dan membantu mengeksplorasi emosi. Hal ini menunjukkan bahwa musik bisa menjadi bantuan yang besar untuk melakukan meditasi dan membantu mencegah pikiran yang terbagi ke dalam banyak hal. Jenis musik yang bisa menenangkan diri setiap individu berbeda dan bervariasi. Setiap individu berbeda dalam hal memutuskan apa yang disukai dan apa yang cocok untuk setiap suasana hatinya. Cobalah memasukkan musik ke dalam kehidupan Anda. Mulailah memainkan atau mendengarkan musik ke dalam mobil, atau letakkan radio saat Anda mandi dan bawalah musik portable saat berolahraga.

Selain mendengarkan musik, bernyanyi atau berteriak bersama juga dapat menjadi pelepasan ketegangan yang hebat. Beberapa kegiatan menyanyi seperti karaoke juga bisa menjadi alternatif bagi beberapa orang dalam mengurangi stres. Cobalah mulai menenangkan diri dengan mendengarkan musik sebelum tidur, hal ini akan memberikan kedamaian dan relaksasi dalam tidur Anda. Selamat mencoba! (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here