Benarkah MSG Buruk untuk Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Monosodium Glutamate adalah bumbu penyedap yang sangat populer digunakan untuk memperlezat makanan dan cukup banyak digunakan di Indonesia. Seringnya menggunakan MSG terkadang membuat beberapa orang menganggap jika makanan tidak dimasak dengan MSG maka makanannya menjadi tidak enak.

Meski menjadi penyedap rasa favorit banyak orang, MSG ini juga mulai diragukan akan efeknya terhadap kesehatan karena adanya isu bahwa MSG dapat memperburuk kesehatan. Isu tersebut dimulai sudah cukup lama yaitu pada tahun 1960-an, bahwa banyak pelanggan dari restauran masakan china melaporkan pada FDA (badan kemanan pangan Amerika) mereka mengalami keluhan fisik berupa sakit kepala, mual muntah, mati rasa pada tubuh, sesak, keringat deras, jantung berdebar dan lemas setelah makan makanan ber MSG dari restauran tersebut.

Selain isu tersebut, ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi makanan dengan tinggi kandungan MSG dapat menyebabkan obesitas di China. Jika orang yang mengonsumsi MSG dalam jumlah tinggi yaitu 4,2 gram per hari dibanding dengan orang yang mengonsumsi MSG dalam kadar yang wajar akan lebih rentan terkena obesitas. Namun penelitian ini masih diragukan karena belum memasukan faktor-faktor lain dalam penelitian yang dpaat mempengaruhi terjadinya obesitas seperti merokok, kurang olahraga dan makan makanan dengan lemak dan karbohidrat tinggi.

Dari kejadian dan juga penelitian di atas tentunya membuat kita bingung bagaimana sebenarnya efek MSG bagi kesehatan? Untuk menjawab kebingungan dan rasa khawatir anda, bisa anda lihat dalam pernyataan yang diberikan oleh FDA. FDA telah menyatakan bahwa MSG aman digunakan sebagai bahan makanan sehingga sekarang anda bisa menggunakan MSG tanpa khawator dapat berdampak buruk pada kesehatan karena pernyataan FDA tersebut, serta tak ketinggalan juga disetujui oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Bagi anda yang sudah mengetahui bahwa MSG aman untuk dikonsumsi tapi masih ragu, anda juga bisa menggunakan alternatif lain tapi masakan anda akan tetap lezat. Alternatif penyedap rasa yang bisa anda gunakan untuk menganti MSG misalnya gula, udang, bawang putih dan kaldu. Atau anda bisa menggunakan dari sumber glutamate alami yang terkandung dalam produk susu, daging merah, ikan dan beberapa sayuran, jamur serta tomat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here