Benarkah Nanas Sebabkan Keguguran

SehatFresh.com – Awal kehamilan memang saat yang bisa dibilang paling rentan bagi perkembangan janin. Makanan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan karena menyangkut pemberian nutrisi bagi janin. Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai pantangan ibu hamil termasuk dari segi makanan. Mungkin salah satu yang sering kita dengar adalah ibu hamil tidak boleh mengonsumsi nanas karena bisa menyebabkan keguguran. Apa itu benar?

Konsumsi nanas saat hamil sampai saat ini kerap kali menjadi perbincangan. Pasalnya nanas disebut-sebut bisa mengakibatkan kontraksi kehamilan dan mengarah ke kelahiran prematur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas memang bisa memicu kontraksi, tetapi jika dimakan dalam jumlah besar. Beberapa zat dalam buah nanas memang dikatakan dapat mengakibatkan kontraksi, tetapi selama masih dalam kadar konsumsi normal, buah nanas sehat untuk dikonsumsi.

Nanas kaya akan vitamin C dan A yang bagus bagi tubuh sebagai antioksidan. Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelian yang berkhasiat sebagai anti radang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Di sisi lain, beberapa peneliti mengklaim bahwa bromelian bisa berefek melemahkan leher rahim dan menyebabkan kontraksi rahim. Nanas yang masih hijau dan mentah diyakini bisa menginduksi aktifitas rahim dan membahayakan kehamilan. Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah nanas terutama pada periode awal-awal kehamilan. Konsumsi nanas berlebihan pada ibu hamil juga bisa menyebabkan diare. Banyak wanita hamil mengeluhkan diare setelah mengonsumsi nanas, sementara beberapa wanita lain yang makan nanas tetap baik-baik saja.

Asumsi mengenai konsumsi nanas di masa kehamilan bisa menyebabkan keguguran memang belum sepenuhnya terbukti karena ada beberapa wanita hamil yang mengonsumsi nanas pada awal kehamilan dan kehamilannya baik-baik saja. Konsumsi nanas bisa dikatakan berbahaya apabila ibu hamil mengonsumsi nanas secara berlebihan dan nanas tersebut masih muda atau mentah. Hal ini dikarenakan nanas yang masih muda memiliki kandungan enzim bromelain yang sangat tinggi. Namun, beberapa ginekolog mengatakan bahwa nanas bisa bermanfaat untuk ibu hamil pada saat menjelang kelahiran, karena bisa membantu menginduksi tenaga atau kontraksi. Untuk lebih amannya, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter mengenai baik buruknya mengonsumsi nanas pada saat hamil.

Sumber gambar : buahmanfaat.tk

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY