Benarkah Payudara Besar Akan Menghasilkan ASI Lebih Banyak?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – ASI merupakan makanan yang paling penting bagi bayi berusia 0 sampai 6 bulan. Karena dengan ASI anak bisa tumbuh dengan baik dan sehat meski tanpa makanan pendamping selama 6 bulan pertama kehidupan setelah dilahirkan dari rahim ibunya.

Manfaat ASI tersebut yang membuat Ibu menyusui bersusah payah berusaha agar mendapatkan ASI yang banyak karena bagi beberapa ibu menyusui ada yang kesulitan untuk menghasilkan ASI yang cukup bagi anaknya. Produksi ASI bisa dipengaruhi oleh berbagai hal seperti kesehatan Ibu baik kesehatan fisik maupun psikologis.

Lalu benarkah jika ibu menyusui yang memiliki payudara besar dapat menghasilnkan ASI yang lebih banyak? Pernyataan di atas tidak sepenuhnya benar karena banyaknya jumlah ASI tidak ada hubungannya sama sekali dengan ukuran payudara yang besar karena ukuran payudara lebih tergantung pada jumlah pendukung dan lemak jaringan fibrosa dari jumlah kelenjar susu.

Selain itu, membesarnya payudara juga bukan berarti berisi ASI banyak tapi bisa jadi karena disebabkan saat usia kehamilan anda mulai masuk trimester ketiga alveoli (sel yang memproduksi ASI) dan milk duct (saluran yang membawa ASI ke puting) akan tumbuh dan berkembang secara signifikan. Sehingga ukuran payudara biasanya akan meningkat selama kehamilan, namun tidak sepenuhnya terisi ASI.

Payudara yang besar pada ibu menyusui memang belum pasti memiliki ASI yang banyak. Tapi memiliki kemampuan daya tampung yang lebih banyak dibanding payudara yang besar. Jika anda bisa memproduksi ASI banyak maka akan sangat baik bagi anda dengan payudara besar karena bisa menampung ASI banyak yang mana menunjukkan sediaan nutrisi bagi anak anda juga akan banyak.

Karena ukuran payudara tidak mempengaruhi banyaknya jumlah ASI, maka bagi anda yang memiliki payudara kecil jangan khawatir. Sebab pada dasarnya produksi ASI pada ibu bisa menjadi banyak karena adanya rangsangan oleh hormon dan stimulasi payudara atau frekuensi menyusui. Jadi jika anda sering menyusui anak maka suplai ASI akan semain meningkat.

Selain memberi stimulasi sering, anda juga perlu memperhatikan faktor lain yang dapat mempengaruhi produksi ASI seperti kelelahan, stress dan depresi. Anda harus jauh dari ketiga hal tersebut jika ingin memproduksi ASI yang banyak. Selain itu anda juga perlu memperbaiki gaya atau pola hidup menjadi lebih sehat seperti memperhatikan asupan makanan selama menyusui, jangan lupa olahraga, istirahat yang cukup sehingga tubuh akan siap memproduksi ASI. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here