Benarkah Pria yang Berbulu Lebat Memiliki Banyak Hormon?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat pembaca, benarkah anggapan bahwa pria yang memiliki bulu lebat lebih memiliki banyak hormon? Jika ya, apa alasannya?

Mengapa Pria Memiliki Banyak Bulu?

Pria memiliki banyak bulu bisa dilihat melalui fungsi dari hormone yang dimiliki pria itu sendiri sebagai berikut:

  • Fungsi Hormon Testosteron

Hormon testosteron merupakan hormon kejantanan pria karena membentuk organ reproduksi, meningkatkan libido, membantu proses reproduksi sel sperma, dan menumbuhkan karakteritistik sekunder pada pria. Karakteristik sekunder pada pria ialah tumbuhnya rambut pada pria. Baik itu di ketiak, janggut, dada, kumis, kemaluan, dan lain sebagainya.

Fungsi dari hormon testosteron sendiri begitu banyak selain memperkuat tulang, meninggikan suara, dan lain sebagainya. Dari sini anggapan bahwa pria yang memiliki bulu lebat memang memiliki banyak hormon karena faktor pertumbuhan rambut memanglah hormon testosteron.

  • Hormon LH atau Luteinizing Hormone

Hormon LH (Luteinizing Hormone) ialah hormon sekresi oleh yang berfungsi untuk menstimulasi sel Leydig yang dapat sekresi pada testosteron. Jika hormon LH dapat memicu bangkitnya hormon testosteron sebagai hormon yang berfungsi dalam pembentukan rambut pada pria, berarti anggapan bahwa pria yang berbulu lebat memiliki banyak hormon LH.

  • Hormon FSH atau Follicle Stimulating Hormone

Hormon FSH atau Follice Stimulating Hormone merupakan sekresi sel pada kelenjar hiposifis anterior yang berfungsi untuk dapat sel sertoli dari sperma atau spermiasi. Hormon ini tidak ada pengaruhnya bagi pertumbuhan rambut melainkan untuk perkembangan sperma.

  • Hormon Estrogen

Hormon Estrogen terdiri dari sel sertoli FSH yang melakukan sektresi protein pengikat androgen fungsinya untuk mengikat testosteron dan juga estrogen, kedua hormon dibawa menuju cairan tubulus seminiferous dan sebagai pematangan sperma.

Pria yang memiliki bulu lebat memang memiliki banyak hormon estrogen karena ada hubungannya dalam pengikatan sperma. Pasalanya jika bulunya lebatnya berlebihan berarti banyak hormon estrogen ini dan menandakan bahwa kesuburan spermanya kurang.

  • Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan dapat meningkatkan pertumbuhan pria. Dan untuk mengatur metabolisme pada testis dan proses spermatogenesis. Hormon ini tidak ada hubungannya dengan bulu lebat pada pria. Hormon ini memiliki hubungan dengan kualitas sperma. Jadi memang tidak semua hormon pada pria mempengaruhi pertumbuhan rambut karena memang beberapa hormon saja.

Jadi bulu lebat pada pria banyak dipengaruhi oleh hormon testosteron, LH, dan estrogen. Demikian informasi mengenai anggapan bahwa pria yang memiliki banyak bulu ialah pria yang memiliki banyak hormon. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. Kelebihan hormon bagi kelebatan bulu pada pria tidak serta merta semua hormon tapi ada penjelasannya hormon apa saja, sehingga informasi tersebut dapat menambah wawasan bagi Pembaca. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here