Benarkah Seks Membakar Kalori

SehatFresh.com – Banyak hal masih menjadi pertanyaan seseorang ketika berbicara tentang seks. Salah satunya mengenai manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Seks bahkan telah disetarakan dengan olahraga dan dipercaya dapat membakar kalori dalam tubuh sehingga membantu dalam penurunan berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS oleh para ilmuwan dari University of Quebec, menemukan bahwa aktivitas seksual merupakan bentuk latihan yang cukup signifikan. Selain membakar kalori, kelompok otot yang berbeda juga digunakan saat berhubungan seks. Ini meliputi otot perut, gluteus, paha depan, otot bisep, trisep, paha belakang dan betis.

Pada dasarnya, jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks tergantung pada berat badan, durasi berhubungan seks serta posisi atau gerakan yang dilakukan. Aktivitas seksual dapat berlangsung selama dua menit hingga satu jam. Semakin lama aktivitas tersebut berlangsung, maka semakin banyak pula jumlah kalori yang terbakar.

Menurut healthstatus.com, bila orang dengan berat badan 150 pon (68 kg) melakukan hubungan seks selama lima menit, maka ia telah membakar sekitar 24 kalori. Bila hubungan dilakukan hingga 15 menit, kalori yang terbakar bisa mencapai 72 kalori. Bila bisa bertahan hingga 45 menit lamanya, kalori yang terbakar bisa mencapai 216 kalori
Pendapat lain dari Carole Lieberman, MD, seorang psikiater di Beverly Hills, mengatakan bahwa para ahli telah mencoba mengukur jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan seks pada berbagai kesempatan. Namun, hasil yang didapat sangat bervariasi. Ditarik kesimpulan bahwa ketika seseorang melakukan hubungan seksual, tubuh sudah membakar sekitar 100 sampai 200 kalori. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih besar, “permainan” bisa terlebih dahulu dimulai dengan foreplay atau pemanasan.

Foreplay adalah waktu terbaik untuk bermain-main dan semakin intim dengan pasangan. Lebih Seseorang yang memiliki berat 150 pon dapat membakar sekitar 25 kalori setiap 15 menit ketika melakukan foreplay. Jumlah kalori yang dibakar ketika foreplay besarnya setara dengan kalori yang terbakar ketika seseorang melakukan lari ringan selama 10 menit.

Lebih lanjut, Lieberman menambahkan bahwa, ketika mencapai orgasme, Anda dapat membakar 60 sampai 100 kalori tambahan. Bila Anda bisa melakukannya beberapa kali, tidak ada salahnya untuk sesi “permainan” berikutnya. Selain agar hubungan seks Anda tidak terasa monoton, Anda juga bisa bereksperimen untuk membakar kalori lebih banyak saat berhubungan seks. Semua itu dapat dicapai bila Anda dan pasangan melakukannya dengan penuh gairah dan keintiman .

Sumber gambar : www.harianaceh.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY