Benjolan Di Bawah Ketiak Wanita

SehatFresh.com – Payudara terdiri dari jaringan kelenjar yang tersusun atas lobulus dan saluran, dan dikelilingi oleh lemak, kelenjar getah bening, ligamen, saraf dan pembuluh darah. Setiap payudara dikelilingi oleh sejumlah besar kelenjar getah bening, termasuk sejumlah kelenjar getah bening di ketiak. Setiap kelenjar getah bening menampung ribuan sel sistem kekebalan tubuh. Masing-masing kelenjar getah bening memungkinkan sirkulasi cairan limfatik seluruh tubuh. Sebuah benjolan di ketiak sering berkembang sebagai akibat dari pembengkakan kelenjar getah bening dan dapat menunjukkan adanya sejumlah gangguan.

  1. Infeksi atau peradangan

Salah satu kemungkinan penyebab benjolan di bawah ketiak adalah infeksi atau peradangan. Fungsi utama dari sel kelenjar getah bening adalah untuk menanggapi dan menyerang patogen asing atau alergen. Ketika sistem kekebalan tubuh mendeteksi partikel asing atau mikroba dalam tubuh, sel-sel sistem kekebalan tubuh meningkat jumlahnya untuk melawan infeksi. Akibatnya, kelenjar getah bening bertambah besar setelah infeksi, yang menyebabkan benjolan di ketiak.

Benjolan payudara di ketiak akibat infeksi umumnya terjadi di kedua ketiak, dan pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa terjadi di sepanjang sisi leher dan di wilayah selangkangan. Pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi atau peradangan bersifat sementara, dan benjolan akan hilang setelah infeksi diobati.

  1. Kanker payudara

Penyebab yang lebih serius terkait benjolan di ketiak adalah kanker payudara. Kanker payudara dimulai di jaringan kelenjar payudara baik itu pada saluran, lobulus atau puting. Setelah kanker payudara mulai menyebar, sel-sel kanker bermigrasi ke kelenjar getah bening di bawah lengan dan terus tumbuh. Akibatnya, kelenjar getah bening membengkak dan membesar. Benjolan di bawah lengan sebagai akibat dari kanker payudara biasanya unilateral (hanya terjadi di bawah satu lengan). Kanker payudara juga dapat menyebabkan sejumlah gejala lain, seperti kerutan kulit, puting datar atau terbalik serta keluar cairan payudara abnormal. Pasien juga mungkin dapat merasakan benjolan dalam payudara, selain benjolan di bawah lengan. Benjolan di ketiak unilateral membutuhkan perhatian medis untuk menyingkirkan kemungkinan kanker.

  1. Limfoma

Penyebab potensial lain dari benjolan di bawah ketiak adalah limfoma, yaitu kanker yang berkembang di dalam kelenjar getah bening. Ada beberapa jenis limfoma, yang dapat melibatkan pertumbuhan kanker di kelenjar getah bening, limpa, timus dan sumsum tulang. Karena ada beberapa kelenjar getah bening terkonsentrasi di bawah lengan, pembengkakan kelenjar getah bening akibat limfoma mungkin terlihat di ketiak.

Benjolan di bawah lengan akibat limfoma kemungkinan akan memengaruhi ketiak dan akan menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di bagian tubuh lain seperti leher dan pangkal paha. Pasien dengan limfoma juga dapat mengembangkan demam yang tidak jelas, penurunan berat badan, kelelahan dan sering mengalami keringat malam yang parah.

Sumber gambar : obatgatalselangkangan76.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY