Bentuk Dan Keagresifan Kanker Prostat

Prostat adalah bagian dari sistem reproduksi pria, yang terletak di bawah kandung kemih. Prostat berperan dalam menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh dan mengeluarkan cairan prostat yang membentuk bagian dari air mani. Kanker prostat terjadi ketika sel-sel prostat berubah menjadi jenis sel baru yang tumbuh secara tidak terkendali. Sel-sel kanker merusak jaringan normal sekitarnya dan dapat bermetastasis (menyebar). Ada beberapa tipe kanker prostat, yang diberi nama berdasarkan jenis sel pada prostat yang menjadi kanker dan keagresifannya.

Adenocarcinoma
Menurut The American Society of Clinical Oncology, adenocarcinoma adalah jenis kanker prostat yang paling umum. 95% kasus kanker prostat dikategorikan dalam jenis ini. Adenocarcinoma adalah kanker yang dimulai di jaringan kelenjar kanker prostat yang mensekresikan cairan prostat dengan cairan mani saat ejakulasi. The American Cancer Society menjelaskan bahwa sebagian besar adenocarcinoma tumbuh secara perlahan. Bahkan, banyak hasil otopsi dari orang yang meninggal akibat penyebab lain dari kanker prostat yang menunjukkan bahwa mereka benar-benar memiliki adenocarcinoma prostat tanpa sepengetahuan mereka.

Sarcoma
Pusat kesehatan internasional di Amerika Serikat, Galil Medical, melaporkan bahwa sarcoma prostat adalah bentuk kanker prostat yang sangat jarang. Kasus kanker prostat jenis ini hanya terjadi sekita 0,1%. Jenis kanker prostat ini terutama mempengaruhi pria di rentang usia 35-60 tahun. Sarcoma prostat seringkali tumbuh sangat besar sehingga menyebabkan obstruksi aliran urin dari kandung kemih. Kanker prostat jenis ini muncul dari sel-sel yang memiliki potensi berkembang menjadi otot, pembuluh limfatik, darah dan jaringan ikat.

Karsinoma sel kecil
Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of the American Board of Family Practice tahun 2003, karsinoma sel kecil pada proses merupakan jenis yang sangat langka dan seringkali terjadi karena kombinasi jenis sel lain seperti adenocarcinoma. Karsinoma sel kecil pada prostat yang tumbuh tanpa bentuk sel kanker lain, dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, keringat malam dan sakit perut. Jika dibiarkan, karsinoma sel kecil dengan mudah bermetastasis ke hati, yang bisa berujung ke penyakit gagal hati. Pasien dengan karsinoma sel kecil stadium lanjut dapat menerima kemoterapi paliatif, yang dirancang untuk memperlambat proliferasi sel kanker dan mengurangi rasa sakit.

Karsinoma sel skuamosa
Karsinoma sel skuamosa pada prostat adalah bentuk kanker prostat yang jarang namun sifatnya sangat agresif. Kanker berkembang dari sel epitel skuamosa yang mengelilingi prostat. Karsinoma sel skuamosa dapat menyebabkan gejala saluran kemih seperti ketidakmampuan untuk buang air kecil. Penelitian Urologia Internationalis pada tahun 2001, menunjukkan bahwa karsinoma sel skuamosa mudah bermetastasis ke jaringan lain, seperti organ lain dalam panggul atau jaringan tulang. Perawatan untuk karsinoma sel skuamosa melibatkan operasi, kemoterapi dan terapi radiasi untuk membunuh sel-sel kanker prostat.

Neuroendokrin
Kanker prostat neuroendokrin merupakan bentuk kanker prostat yang jarang namun tergolong sangat agresif. Neuroendokrin berkembang dari jaringan kelenjar penghasil hormon dalam prostat. Sel-sel kanker prostat neuroendokrin melepaskan hormon dan mengeluarkan faktor yang merangsang proliferasi sel dan kelangsungan hidup sel-sel prostat yang berdekatan. Menurut penelitian dari University of Rochester, bentuk kanker ini hanya 5 sampai 10 persen dari kasus kanker prostat. Kanker prostat neuroendokrin biasanya kebal terhadap terapi kanker prostat standar seperti terapi anti-androgen. Pengobatan mungkin melibatkan prosedur operasi untuk mengangkat tumor, bersama dengan radiasi atau kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa.

*pic kudokter.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY