Beragam Sumber Vitamin B

Vitamin B mencakup thiamin, riboflavin, niasin, folat, vitamin B6, vitamin B12, biotin, dan asam pantotenat. Vitamin B bekerja secara kolektif dan individual di setiap sel untuk melakukan banyak pekerjaan yang berbeda, termasuk membantu tubuh melepaskan energi yang didapat dari karbohidrat, protein dan lemak. Beberapa makanan hanya mengandung satu unsur vitamin B, sementara makanan lain mengandung beberapa unsur vitamin B. Jika pola makan harian Anda bervariasi dan seimbang, Anda bisa mendapat asupan vitamin B yang mencukupi.

Thiamin
Tubuh bergantung pada thiamin untuk mengatur nafsu makan dan mendukung metabolisme. Beberapa sumber terbaik thiamin adalah sayuran berdaun hijau gelap, sereal gandum yang difortifikasi, bibit gandum, kacang hijau, kacang dan kacang-kacangan seperti almond dan kacang pecan. Wanita memerlukan asupan harian thiamin 1,1 miligram, sedangkan pria 1.2 miligram.

Riboflavin
Konsumsi riboflavin dapat menjaga kesehatan kulit. Susu dan produk susu seperti yoghurt dan keju memiliki kandungan riboflavin yang tinggi. Asparagus, bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya, ayam, ikan, telur dan sereal juga menyumbangkan asupan riboflavin dalam jumlah yang signifikan untuk diet harian. Asupan harian riboflavin yang disarankan adalah 1,1 miligram untuk wanita dan 1,3 miligram untuk pria.

Niasin
Niasin membantu meningkatkan fungsi saraf, menjaga kesehatan sistem kardiovaskular dan membantu dalam produksi energi. Ayam, kalkun, salmon dan ikan lainnya adalah sumber niasin. Sereal yang difortifikasi, kacang-kacangan, kacang, pasta dan gandum juga menyediakan jumlah niasin yang bervariasi. Pria perlu 16 miligram niasin, sementara wanita perlu 14 miligram per harinya.

Folat
Bayam, lobak hijau serta sayuran dan buah-buahan segar adalah sumber folat terbaik. Mengonsumsi 400 mikrogram folat setiap hari dapat meningkatkan kesehatan sel darah merah dan fungsi sistem saraf.

Vitamin B6
Beberapa sumber vitamin B6 terbaik adalah unggas, seafood, pisang, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kentang dan sereal. Diet Anda harus mencakup 1,3 miligram B-6 setiap hari untuk mendukung pertumbuhan sel darah merah baru.

Vitamin B12
Makanan hewani adalah satu-satunya sumber alami vitamin B12, tetapi banyak produk, termasuk produk kedelai dan sereal, telah diperkaya dengan vitamin B12. Sumber alami lainnya adalah kerang seperti kerang, kerang dan kepiting, ikan sirip dan daging sapi. Anda 2,4 mikrogram asupan vitamin B12 setiap hari. Vitamin B12 berperan dalam meningkatkan produksi sel darah merah dan mendukung sistem saraf.

Biotin dan Asam Pantotenat
Biotin merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk metabolisme yang sehat. Hati dan kuning telur adalah sumber makanan dengan kandungan biotin yang tinggi. Sedangkan, yoghurt dan alpukat adalah asam pantotenat terbaik yang diperlukan untuk fungsi enzim. Asam pantotenat juga tersedia dalam berbagai macam makanan seperti kacang-kacangan termasuk kacang dan kacang polong, ubi jalar, jamur dan brokoli. Asupan yang disarankan adalah 5 miligram setiap hari.

*pic www.amazine.co

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY