Berapa Banyak Air yang Harus Dikonsumsi saat Sahur untuk Mencukupi Kebutuhan Mineral Tubuh?

0
8
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Biasanya remaja membutuhkan energi yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa karena lebih banyak beraktivitas atau lebih aktif. Mereka membutuhkan energi seperti untuk bersekolah atau melakukan kegiatan tambahan berupa les, ekstrakulikuler atau hanya untuk bermain. Mereka juga memiliki kemungkinan lebih cepat haus atau dehidrasi dibandingkan usia lain.

Ketika tidak berpuasa, kita bisa saja menghilangkan rasa haus dengan minum air sebanyak mungkin. Tetapi bagaimana ketika kita berpuasa, berapa banyak air yang harus di minum saat sahur agar kebutuhan air atau mineral tubuh tercukupi dengan segala aktivitas yang dilakukan remaja?.

Pada dasarnya tubuh kita terdiri dari 60% lebih adalah air. Air dalam tubuh ini digunakan misalnya untuk membersihkan racun pada organ tertentu, mengantarkan nutrisi ke sel-sel tubuh, dan manfaat lainnya lagi.

Jika tubuh sampai mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, tentu saja akan berdampak pada kesehatan anda. Tanda awal kekurangan cairan biasanya berupa urin berwarna gelap atau keruh, merasa lelah, berkurangnya fokus dan sakit kepala.

Sebenarnya untuk mencukupi kebutuhan mineral saat puasa cukup mudah yaitu perbanyak asupan air ketika sahur. Berbicara asupan air sebenarnya tidak hanya minum air putih atau air mineral saja. Anda bisa mendapatkan kandungan air dari minum teh atau kopi. Dan bahkan makanan yang anda konsumsi ketika sahur sudah berkontribusi sebanyak 20% dalam mencukupi kebutuhan air dalam tubuh anda.

Untuk seberapa banyaknya air yang harus diminum sebenarnya belum jelas patokan mana yang harus kita gunakan. Mungkin patokan yang sering kita dengar adalah minum 8 gelas air per hari. Itu bisa saja kita gunakan saat sahur kita bisa menerapkan 2 gelas air saja seperti teori minum 242 yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam dan 2 gelas saat sahur.

Menurut European Food Safety Authority untuk wanita seharusnya minum air sebanyak 1,6 liter air setiap harinya, dan laki- laki 2 liter air. Yang berarti 8 gelas 200 ml untuk wanita dan 10 gelas 200 ml untuk laki- laki.

Sedangkan menurut Institute of Medicine, mereka menganjurkan agar laki- laki seharusnya minum sebanyak 3 liter atau sekitar 13 gelas per hari. Sedangkan wanita harus minum air sebanyak 2,2 liter atau sebanyak 9 gelas air setiap harinya.

Itulah beberapa acuan yang dapat anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa. Jadi benyak minum air agar puasa anda berjalan lancar dan penuh berkah. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY