Berapa Lama Waktu Perubahan Normal Vagina Setelah Melahirkan?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika Anda melahirkan bayi secara normal yakni melalui jalan lahir yang disebut dengan vagina maka bersiaplah untuk menghadapi perubahan pada vagina Anda. Pada saat persalinan, daerah vagina terus menegang sehingga saat bayi lahir vagina akan terasa mengendur atau bisa juga mengalami kerobekan akibat ukuran bayi yang terlalu besar. Selain itu juga vagina terasa kering, hal ini dikarenakan kadar estrogen setelah proses persalinan berkurang sehingga menyebabkan ketidaknyamanan saat berhubungan seks.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena vagina akan kembali normal seperti sedia kala siring dengan berjalannya waktu. Waktu yang diperlukan bagi vagina untuk bisa kembali ke bentuk semula tentu tidak lepas dari masa nifas atau pasca persalinan yang berlangsung selama kurang lebih enam minggu.

Selama enam minggu setelah proses persalinan, Anda akan terus mengeluarkan darah seperti menstruasi berangsur-angsur dari banyak sampai dengan menyisakan noda atau flek saja. Pada saat inilah, jaringan di dalam vagina sedang melakukan proses penyembuhan luka. Nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan untuk mendukung proses penyembuhan, tidak ada pantangan makanan apa pun bagi wanita pada masa pasca melahirkan. Karena nutrisi yang baik menentukan keberhasilan penyembuhan luka juga.

Selain itu, Anda perlu untuk beristirahat dari kegiatan seks. Mengapa demikian ? Hal ini ditujukan agar terhindar dari perdarahan dan infeksi pada rahim. Ada baiknya Anda menunggu waktu sekitar enam minggu untuk melakukan hubungan seks kembali dengan pasangan Anda. Kegiatan seks pasca melahirkan justru dinilai kurang aman karena selain menimbulkan perdarahan tetapi juga melibatkan penetrasi vagina sehingga resiko untuk sembuh dalam waktu yang lama.

Untuk menunjang perubahan vagina menjadi normal kembali, Anda juga memerlukan latihan fisik yakni seperti senam kegel. Senam ini ditujukan agar otot-otot di sekitar panggul menjadi kencang. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan olahraga atau senam lain untuk membantu mencapai vagina kembali ke bentuk semula dengan cepat. Namun, harus Anda ingat bahwa umumnya vagina akan kembali normal dalam kurun waktu sekitar enam minggu.

Perlu kita ingat kembali, bahwa apabila vagina mengalami luka robek dan mendapat jahitan maka perlu waktu yang lama untuk menunggu jahitan benar-benar kering. Berikanlah waktu untuk beristirahat dari kegiatan seksual. Dari poin di atas telah disebutkan bahwa akan terjadi perubahan yakni vagina menjadi kering karena hormon estrogen menurun. Hal ini semakin menambah kesulitan bagi Anda yang akan melakukan hubungan seks karena dapat membuat ketidaknyamanan seperti terasa sakit dan terganjal.

Apabila vagina Anda tidak menunjukkan adanya perubahan selama lebih dari enam minggu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya serta bagaimana penanganannya. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here