Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Seseorang?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setelah beraktivitas seharian, tubuh harus beristirahat agar bisa kembali fit keesokan harinya. Istirahat yang paling baik untuk setiap orang adalah tidur. Berikut ini akan dipaparkan secara lebih lanjut dampak negatif kurang tidur dan waktu ideal yang dibutuhkan seseorang untuk tidur dalam satu hari satu malam.

Apa yang terjadi jika seseorang kurang tidur?

Tidur cukup penting guna menjaga kondisi kesehatan tubuh seseorang. Pasalnya  jika seseorang kurang tidur dapat menyebabkan komplikasi penyakit pada fungsi organ tubuh. Selain itu dampak yang juga bisa muncul adalah emosi tidak stabil, halusinasi, stamina menurun, dan masih banyak lagi.

Seseorang yang mengalami kesulitan tidur, berarti dirinya telah mengidap penyakit yang diistilahkan insomnia. Seseorang bisa dianggap menderita insomnia kronis, apabila durasi tidurnya kurang dari 3,5 jam (wanita) dan kurang dari 4,5 jam (pria). Tentu  saja penyakit insomnia apabila tidak segera diatasi, dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung.

Seperti apakah tidur yang berkualitas?

Sebenarnya tubuh manusia di desain untuk bisa merasakan hal yang ada di sekitar. Itu artinya tubuh seseorang akan sensitif, apabila terjadi masalah dengan kondisi badan. Di lain pihak tidur yang berkualitas adalah tidur yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Alhasil setelah bangun, badan seseorang menjadi segar dan siap untuk beraktifitas kembali.

Melakukan aktifitas yang berat sehari-hari, tentu saja melelahkan tubuh. Tidur menjadi hal yang terpenting bagi setiap orang, sehingga bisa membuat kesehatan tubuh serta otak menjadi baik kembali. Terlebih pada saat tidur, proses metabolisme pada tubuh akan bekerja. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan, setiap orang harus memenuhi waktu tidur yang cukup.

Waktu tidur yang ideal berdasarkan masing-masing usia

Perlu diketahui jika setiap usia mempunyai kebutuhan jam tidur yang berbeda-beda. National Sleep Foundation (NSF) sebelumnya pernah merekomendasikan berapa lama waktu tidur yang harus dipenuhi pada setiap usia. Berikut ini rekomendasi waktu yang ideal selama tidur berdasarkan masing-masing usia, yang disarankan para ahli.

  1. Bayi berusia 0–3 bulan, setidaknya memenuhi kebutuhan untuk tidur 14-17 jam per hari.
  2. Bayi berusia 4-11 bulan, setidaknya memenuhi kebutuhan untuk tidur 12-15 jam per hari.
  3. Anak berusia 1-2 tahun, setidaknya memenuhi kebutuhan untuk tidur 11-14 jam per hari.
  4. Anak berusia 3-5 tahun, setidaknya memenuhi kebutuhan untuk tidur 10-13 jam per hari.
  5. Anak yang berusia 6-13 tahun, setidaknya memenuhi kebutuhan untuk tidur 9-11 jam per hari.
  6. Remaja yang berusia 14-17 tahun, setidaknya memenuhi kebutuhan untuk tidur 8-10 jam per hari.
  7. Pemuda yang berusia 18-25 tahun, setidaknya memenuhi kebutuhan untuk tidur 7-9 jam per hari.
  8. Orang dewasa yang berusia 26-64 tahun, setidaknya memenuhi kebutuhan untuk tidur 7-9 jam per hari.
  9. Orangtua yang berusia 65 ke atas, setidaknya memenuhi kebutuhan untuk tidur yakni 7-8 jam per hari. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here