Berapa Lama Waktu Tidur yang Sehat dan Normal?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda merasa badan sering lelah dan kurang fit? Sudahkah menerapkan pola tidur yang benar? Sebenarnya berapa lama waktu tidur seseorang yang sehat dan normal? Artikel berikut akan menjawab segala pertanyaan Anda sekalian.

Berapa Lama Waktu Tidur yang Sehat?

Waktu tidur seseorang sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh seseorang. Kurangnya durasi tidur seseorang sangat berpengaruh pada terganggunya hormon yang berkaitan dengan nafsu makan seseorang dan mengakibatkan obesitas.

Bahkan menurut European Heart Journal 2011, jika seseorang kurang tidur akan sangat beresiko terkena jantung koroner sebanyak 48% selama rentang waktu 7 hingga 25 tahun. Selain itu ancaman terkena stroke banyak diderita sebanyak 15% dengan rentang yang sama.

Setiap rentang umur manusia memiliki kebutuhan waktu tidur yang sehat dan normal yang berbeda-beda. Tentunya kebutuhan bayi dan dewasa terkait waktu tidur juga berbeda. Waktu tidur yang sehat dan normal sesuai dengan rentang waktu ialah sebagai berikut:

  1. Bayi berumur 0 sampai 3 bulan waktu tidur yang sehat ialah 14 hingga 17 jam per harinya.
  2. Bayi berumur 4 hingga 11 bulan waktu tidur yang sehat ialah 12 hingga 15 jam setiap harinya.
  3. Batita berumur 1 hingga 2 tahun waktu tidur yang sehat ialah 11 hingga 14 jam per hari.
  4. Balita usia 3 hingga 5 tahun waktu tidur 10 hingga 13 jam per hari.
  5. Anak-anak usia 6 hingga 13 tahun waktu tidur 9 hingga 11 jam
  6. Remaja usia 14 hingga 17 tahun waktu tidur 8 hingga 10 jam per hari.
  7. Remaja menuju dewasa usia 18 hingga 25 tahun waktu tidur 7 hingga 9 jam per hari.
  8. Orang Dewasa usia 26 hingga 64 tahun waktu tidur 7 hingga 9 jam.
  9. Orang lanjut Usia, umur 65 tahun lebih waktu tidur 7 hingga 8  jam per hari.

Banyak orang dewasa yang seringkali merasa sulit tidur atau menderita insomnia sehingga waktu tidurnya tidak memenuhi kebutuhan waktu tidur seseorang per harinya. Insomnia atau sulit tidur banyak diakibatkan oleh beberapa faktor.

Faktor yang paling sering ialah karena stress dan terlalu banyak pikiran. Selain itu karena aktivitas kerja yang terlalu panjang membuat seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan tidurnya dalam waktu yang normal dan sehat. Perlunya menjaga pikiran dengan lebih baik sehingga terdapat ketenangan dan membatasi waktu kerja sesuai dengan porsinya.

Demikian informasi mengenai waktu tidur yang sehat dan normal bagi setiap orang berdasarkan rentang usia yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY