Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Setelah Keguguran untuk Hamil Kembali?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pengalaman pernah keguguran memang bisa menyebabkan kesedihan mendalam dan berlangsung lama. Mungkin anda memerlukan waktu untuk pulih dan merasa siap menata hidup anda kembali.  Namun, anda pasti berpikir kapan bisa mulai hamil lagi setelah kejadian keguguran tersebut.

Keguguran adalah berhentinya kehamilan sebelum usia 20 minggu. Setelah anda keguguran, anda tidak dianjurkan untuk berhubungan intim dengan pasangan selama dua minggu. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi pada organ kandungan anda. Potensi untuk hamil juga tetap ada, meskipun siklus haid baru kembali normal 6 minggu setelah keguguran.

Perihal memutuskan kapan anda akan hamil lagi sebenarnya bersifat sangat personal. Ketika anda dan pasangan telah dalam kondisi sehat, siap baik fisik maupun mental dan sang pencipta mengizinkan maka peluang untuk hamil lagi akan besar.

Sebagian besar wnaita mungkin merasa belum aman jika langsung hamil lagi setelah keguguran. Sebenarnya kapan waktu yang baik utuk memulai program hamil lagi setelah keguguran?

Menurut American Pregnancy Association, menunggu setidaknya dua atau tiga periode menstruasi tampaknya aman untuk mencoba hamil lagi setelah keguguran. Namun anda harus dalam kondisi yang benar-benar pulih. Jika tubuh belum siap untuk mendukung kehamilan lagi, risiko untuk terjadi keguguran lagi justru akan meningkat. Tubuh memerlukan beberapa waktu untuk memulihkan kondisi rahim dan juga menguatkan kembali lapisan endometrium dalam rahim.

Beberapa ahli mengatakan semakin cepat semakin baik untuk mencoba hamil kembali setelah keguguran. Menurut rekomendasi WHO menyarankan untuk menunggu setidaknya 6 bulan setelah mengalami keguguran. Menurut sumber lain juga berpendapat bahwa menunggu sampai 18 tahun.

Setelah anda siap dan kondisi fisik serta mental telah pulih, anda dapat mengonsumsi vitamin dan asam folat sebelum pembuahan dapat dilakukan sebagai upaya mendapatkan kehamilan yang sehat.

Sebuah penelitian di Amerika serikat mengungkapkan bahwa 76% wanita yang mulai mencoba untuk hamil dalam waktu 3 bulan setelah keguguran lebih berpeluang hamil (69%) dibanding dengan yang menunda lebih dari 3 bulan (51%). Angka kelahiran hidup juga lebih besar yaitu 53% (3 bulan) dan 36% (lebih dari 3 bulan).

Ketika anda telah siap untuk kehamilan baru makan sebaiknya mulai dahulu dengan pola makan sehat. Serta mengonsumsi suplemen zat besi dan asam folat sebelum hamil. Selain itu, sebaiknya selalu olahraga setiap hari atau saat weekend minimal 30 menit. Usahakan untuk tidak stress dan tidak mengalami penyakit pada organ kandungan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here