Berapakah Kalori yang Hilang Ketika Berhubungan Seks?

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Suami istri selama berhubungan seksual akan membakar kalori. Hal tersebut terjadi karena aktivitas seks melibatkan banyak kerja otot dan hormon. Lantas, kira-kira berapa kalori yang hilang selama suami istri berhubungan seks?

Aktivitas Seks yang Menguras Tenaga

Aktivitas seksual pada dasarnya terbagi menjadi dua bagian, yakni foreplay dan penetrasi. Aktivitas foreplay seperti ciuman atau pelukan untuk membangkitkan gairah seksual, sedangkan penetrasi merupakan aktivitas utama sebagai puncak bercinta.

Suami istri umumnya akan terengah-engah atau bahkan sesak nafas, setelah berhubungan seksual. Hal itu karena banyak energi yang keluar selama bercinta. Semakin jantung berdetak cepat, maka akan mengakibatkan suhu tubuh naik hingga berkeringat.

Beberapa pihak juga mengatakan bahwa aktivitas seksual bisa membakar kalori seperti berlari sejauh 5 km. Hal itulah yang menjadi alasan agar pasangan muda yang baru saja menjalin rumah tangga, perlu mengonsumsi telur setengah matang dan madu sebagai penambah kalori.

Berapa Banyak Kalori yang Terbakar ketika Berhubungan Seksual?

Aktivitas seks ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk melatih otot perut, paha, betis, dan lainnya apabila dilakukan dengan posisi yang benar. Banyaknya kalori yang terbakar ketika berhubungan seksual tergantung pada berat badan, durasi, posisi seks, serta banyaknya gerakan yang dilakukan suami istri.

Misalnya saja X yang memiliki berat 70 kg melakukan hubungan seksual (penetrasi) selama 15 menit, setidaknya akan membakar 72 kalori. Jika X berhubungan seksual (penetrasi) selama 5 menit, maka setidaknya akan membakar 24 kalori. Jika X berhubungan seksual (penetrasi) selama 45 menit, maka setidaknya akan membakar 216 kalori.

Tidak hanya dalam aktivitas ketika penetrasi, foreplay nyatanya juga dapat membakar kalori walaupun dalam jumlah sedikit. Misanya saja tadi X melakukan foreplay selama 15 menit, maka setidaknya akan membakar 25 kalori. Namun sekali lagi perlu diketahui bahwa kalori yang terbakar saat foreplay lebih sedikit, dibandingkan saat penetrasi.

Di lain pihak dalam peneliti yang pernah dipublikasikan Universitas Arizona, diketahui berapa waktu rata-rata yang dilakukan suami istri dalam sekali berhubungan seks. Rata-rata setiap pasangan membutuhkan waktu antara 2 menit sampai 1 jam, ketika berhubungan seksual. Alhasil kurang atau lebih dari angka tersebut, bisa dimasukan dalam kategori tidak normal.

Aktivitas Seksual Tidak Sekedar Pelampiasan Gairah

Aktivitas seksual bukan hanya sekedar sarana melampiaskan hasrat biologis. Pasalnya apabila dilakukan dengan benar dan sesuai prosedur, seks cukup baik bagi kesehatan suami istri. Terdapat banyak sekali manfaat dalam berhubungan seksual, selain mampu membakar kalori seperti yang disebutkan di atas.

Salah satu manfaat aktivitas seksual adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu aktivitas seksual dapat dikatakan sebagai salah satu alternatif untuk menciptakan kesehatan tubuh. Syaratnya harus dilakukan dengan pasangan yang sah, sekaligus sehat dari berbagai penyakit kelamin. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY