Berat Badan Pria Faktor Utama Kualitas Sperma

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat memasuki usia subur, salah satu hal yang diperhatikan pria adalah kualitas dari sperma yang dimilikinya. Kualitas sperma ini penting karena dengan sperma yang baik maka anda dapat membuahi sel ovum dari seorang perempuan sehingga dapat memiliki bayi atau anak yang anda harapkan.

Untuk mendapatkan kualitas sperma yang baik, banyak sekali faktor-faktor penentunya. Salah satunya adalah berat badan sang pria. Kenapa berat badan faktor utama yang mempengaruhi kualitas sperma? Berikut penjelasannya.

Berat badan ideal seorang pria yaitu di antara 18,5 sampai 24,9 dalam hitungan IMT. Sedangkan berat badan yang mempengaruhi kualitas sperma yaitu jika seorang pria yang berat badannya tergolong terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk.

Salah satu penemuan yang dilansir dalam telegraph.co.uk menyatakan bahwa pria dengan berat badan rata-rata atau ideal maka mempunyai sperma yang lebih baik kuantitas dan juga kualitasnya yang lebih sehat. Penelitian lain juga menghasilkan sebuah fakta bahwa pria yang memiliki berat badan atau jika dihitung menggunakan IMT dan hasilnya lebih dari 25, maka ia akan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami penurunan jumlah sperma yang diproduksi serta penurunan produksi sperma yang berkualitas. Kualitas sperma yang baik biasanya dilihat apakah bentuknya sempurna dan kemampuan berenangnya.

Seorang pria dikategorikan gemuk jika IMTnya melebihi 30. Dan orang yang gemuk ini juga memiliki risiko kualitas sperma yang tidak baik. Hal itu karena kualitas sperma yang dimiliki pria gemuk akan terpengaruhi oleh kelebihan lemak serta kolestrol pada tubuhnya. Tidak hanya itu, pada orang gemuk juga mengalami perubahan hormon yang tidak seimbang dan kesulitan ereksi sehingga kualitas sperma cenderung kurang baik.

Untuk pria gemuk sudah dijelaskan di atas, maka berikutnya adalah kualitas sperma pada pria yang berat badannya di bawah standar IMT atau terlalu kurus. Pria yang terlalu kurus biasanya akan memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit.

Seperti yang sudah kita ketahui dari penjelasan di atas, bahwa sebainya untuk memiliki kualitas dan kuantitas sperma baik. Maka seorang pria harus memiliki berat badan yang ideal agar spermanya bagus dan dapat membuahi sel ovum dengan baik. Oleh karena itu tugas anda sebagai pria adalah berusaha menjaga berat badan ideal. Caranya dengan makan makanan yang bergizi dan dalam kadar yang normal atau tidak berlebihan sehingga tidak gemuk, imbangi dengan rajin berolahraga dan jalani gaya hidup sehat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here