Berbagai Hal Menyehatkan yang Dapat Dilakukan di Akhir Pekan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hari senin sampai sabtu merupakan suatu waktu untuk melakukan kegiatan rutinitas seperti sekolah dan bekerja. Sehingga anda hanya terbebas dari rutinitas tersebut hanya di hari minggu atau akhir pekan. Terkadang tugas dan tuntutan sekolah atau kerjaan membuat anda merasa tertekan, jenuh dan lelah yang dapat memicu anda menjadi stres. Untuk menghindari stres dan melepas rasa lelah dengan kesibukan dan rutinitas sehari-hari anda dapat melakukan beberapa hal menyehatkan yang dapat dilakukan di akhir pekan, diantaranya :

  1. Membaca buku di taman

Kesibukan dan tekanan bertubi-tubi yang dirasakan dihari senin dan akan memuncak di hari jum’at dan sabtu akan membuat tubuh menjadi lelah dan stress. Membaca buku ditaman merupakan suatu jenis aktivitas menyehatkan yang dapat dilakukan di akhir pekan. Anda bisa melakukannya di taman. Udara yang segar dan pemandangan yang masih asri akan membuat anda merasa lebih rileks. Dokter selalu menganjurkan kepada setiap kliennya untuk menghindari stres dan kelelahan karena dapat memicu timbulnya penyakit seperti pusing, hipertensi, dan lain sebagainya. Selain itu membaca buku pelajaran dapat menambah wawasan anda dan apabila anda dapat membaca buku cerita akan melatih anda untuk mengetahui sisi positif dari buku cerita tersebut

  1. Berolahraga

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang di anggap dapat menyehatkan badan dan juga menyenangkan. Di akhir pekan anda bisa memanfaatkan waktu untuk berolahraga sesuai dengan keinginan anda. Contohnya anda bisa melakukan joging atau berjalan kaki mengelilingi komplek akan membuat anda berkeringat dan dapat menghirup udara segar di pagi hari sehingga aliran darah menjadi lancar dan anda pun kembali bugar dan terlihat segar.

  1. Membersihkan rumah

Membersihkan rumah merupakan suatu aktivitas yang bisa anda lakukan setiap hari. Akan tetapi tidak semua ruangan dapat anda bersihkan, untuk itu anda bisa memanfaatkan waktu akhir pekan anda dengan membersihkan area rumah yang belum sempat anda bersihkan di hari lainnya seperti membersihkan gudang, membersihkan toilet, memotong rumput,  dan lain-lain. Membersihakan rumah merupaka upaya untuk meminimalisir penyakit yang diakibatkan tumpukan debu dan juga membuat ruangan di rumah anda menjadi bersih dan nyaman untuk ditinggali serta meminimalisir pertumbuhan jamur, bakteri dan virus yang menempel di perabotan rumah tangga.

  1. Menyalurkan hobi

Sesuatu aktivitas yang anda sukai dan menjadi suatu hobi anda merupakan salah satu cara melepas stres akibat tekanan dan kepenatan aktivitas sehari-hari. Anda dapat mencoba hal-hal baru dan bisa mengembangkan hobi yang anda gemari siapa tau bisa menjadi suatu inovasi dan peluang untuk menambah pendapatan anda. Contohnya bagi anda yang memiliki kesibukan sekolah tetapi anda memiliki hobi memasak, anda bisa gunakan waktu liburan di akhir pekan untuk mengembangkan hobi memasak anda dengan mencoba memasak menu-menu baru dan kembangkan kreativitas memasak anda.

  1. Perawatan salon dan spa

Aktivitas sehat yang dapat anda lakukan di akhir pekan yaitu dengan melakukan perawatan salon dan spa bersama keluarga. Perawatan salon dan spa dilakukan dengan cara memijat dan bertujuan untuk merileksasikan badan apabila anda merasa penat, pegal dan lelah akibat tekanan dan kesibukan yang dilakukan sehari-hari. Selain itu perawatan salon dan spa berfungsi untuk menjaga kecantikan atau ketampanan anda sehingga membuat anda tampil lebih percaya diri. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here