Berbagai Jenis Yoghurt dan Manfaatnya Bagi Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Yoghurt adalah susu yang dibuat dengan cara di fermentasikan melalui bakteri. Bakteri yang digunakan dalam pembuatan yoghurt yaitu bakteri lactobacillus Bulgariccus (BL) dan streptococcus Thermophillus (ST) yang keduanya berbanding 1:1. Yoghurt merupakan salah satu jenis minuman yang digunakan banyak orang sebagai alternatif dalam melakukan gaya hidup sehat.

Yoghurt memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk menyehatkan sistem metabolisme, membantu pembentukan tulang dan gigi. Kandungan bakteri BL dan ST yang terdapat didalam yoghurt dapat mengatasi masalah diare, konstipasi atau obstipasi, dan kanker usus. Selain itu yoghurt berfungsi untuk kesehatan kulit, berbagai masalah rambut, osteoporosis, mencegah hipertensi, dan bisa berfungsi untuk kecantikan karena di dalam yoghurt terdapat banyak jenis vitamin. Yoghurt sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda

Dibawah ini merupakan beberapa jenis yoghurt, diantaranya sebagai berikut:

  1. Greek yoghurt

Jenis yoghurt ini memiliki tekstur yang kental dibandingkan dengan yoghurt lainnya. Greek yoghurt pada saat proses pembuatan mengalami tiga kali penyaringan sehingga yoghurt ini bertekstur lebih kental. Greek yoghurt memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah karbohidrat, selain itu yoghurt ini juga mengandung laktosa. Sehingga jenis yoghurt ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang sedang mengalami diet. Selain itu jenis yoghurt ini baik bagi kesehatan karena kandungan proteinnya yang tinggi.

  1. Yoghurt plain

Yoghurt plain merupakan jenis yoghurt baik untuk di konsumsi penderita diabetes karena jenis yoghurt ini merupakan yoghurt tanpa adanya gula. Biasanya jenis yoghurt tersebut digunakan untuk masakan contohnya digunakan untuk membuat kue, kare dan lain sebagainya. Karena tidak memiliki rasa dan tanpa tambahan gula sehingga yoghurt ini menjadi suatu pilihan masyarakat.

  1. Yogurt fruit

Sesuai dengan jenis namanya yogurt ini di buat dengan tambahan aneka buah-buahan sehingga yoghurt ini mengandung gula alami yang terdapat di dalam buah-buahan. Kandungan buah-buahan yang terdapat dalam yoghurt ini bermanfaat untuk kecantikan karena bisa digunakan sebagai masker wajah.

  1. Frozen yogurt

Frozen yoghurt dikenal dengan sebutan froyo. Froyo merupakan suatu jenis yoghurt yang memiliki kandungan gizi yang lebih baik. Pada saat d proses yoghurt ini memiliki kandungan rendah lemak. Selain itu froya memiliki kandungan laktosa yang lebih mudah dicerna dibandingan dengan laktosa yang terdapat pada susu.

  1. Dadiah

Dadiah merupakan jenis yoghurt yang berasal dari Sumatra Barat yang di proses dengan cara di fermentasikan dalam tabung bambu. Yoghurt ini terbuat dari susu kerbau yang memiliki kandungan gizi yang seseuai dengan jenis susu.

  1. Yogurt labneh atau lebanon

Yoghurt labneh merupakan jenis yoghurt yang di proses dengan cara fermentasi beberapa minggu dalam minyak olive dan dipadatkan, karena yoghurt ini biasa digunakan untuk sandwich. Yoghurt ini biasanya ditambahkan dengan campuran minyak olive, potongan mentimun, olive dan berbagai jenis herbal hijau. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here