Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Kacang Hijau

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat indonesia terbukti dari banyaknya olahan yang berbahan dasar dari kacang hijau. Anda bisa menemukan makanan dari kacang hijau mulai dari minuman, bubur dan lain sebagainya.

Tidak hanya bermanfaat sebagai sumber makanan saja, kacang hijau juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Banyak sekali manfaat kesehatan dari kacang hijau, antara lain seperti berikut ini:

  1. Menurunkan tekanan darah

Bagi anda yang mengalami hipertensi, mengonsumsi kacang hijau akan membantu menurunkan tekanan darah sehingga menjaga tekanan darah anda normal. Kacang hijau dapat menurunkan tekanan darah anda karena kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Karena menurunkan tekanan darah maka bagi anda yang mengalami darah rendah sebaiknya kurangi konsumsi kacang hijau.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Jika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh anda, maka mengonsumsi kacang hijau akan membantu anda untuk menurunkan kolesterol yang berlebihan di tubuh anda. Kacang hijau mengandung lemak yang cukup rendah yaitu sekitar 1,15 gram lemak dalam 100 gram kacang hijau.

  1. Baik dikonsumsi penderita diabetes

Menderita diabetes membuat anda harus membatasi beberapa makanan untuk tidak dikonsumsi karena akan meningkatkan kadar gula darah anda. Untuk mengantikan konsumsi glukosa anda agar tidak berlebihan, anda bisa mengonsumsi kacang hijau karena termasuk makanan dengan kadar indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk penderita diabetes.

  1. Menurunkan risiko osteoporosis

Kacang hijau juga memiliki manfaat untuk kesehatan tulang anda salah satunya yaitu menurunkan risiko osteoporosis. Kacang hijau dapat menurunkan osteoporosis karena kandungan magnesiumnya yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan pembentukan sel-sel tulang anda sehingga menurunkan risiko anda untuk terkena osteoporosis.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang hijau adalah sembelit. Kacang hijau mampu mengatasi sembelit karena termasuk dalam makanan sumber karbohidrat yang mengandung serat baik.

  1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Kacang hijau baik untuk kesehatan kulit anda dengan kandungan phytoestrogen yang membantu memproduksi kolagen sehingga mencegah penuaan dini. Selain itu kacang hijau juga baik untuk rambut karena mengandung protein dan zat seng untuk menjaga kesehatan rambut anda.

  1. Baik dikonsumsi ibu hamil

Kacang hijau baik dikonsumsi ibu hamil karena dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janinnya. Dengan kandungan berbagai vitamin dan asam folat, kacang hijau mencegah terjadinya keguguran, kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here