Berbagai Nutrisi Dalam Tomat

SehatFresh.com – Tomat tentunya sering kita jumpa dalam menu makanan sehari-hari. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, tomat kaya akan antioksidan yang efektif untuk melawan radikal bebas. Salah satu antioksidan yang terkandung dalam tomat adalah lycopene. Lycopen ini adalah yang memberikan warna merah pada tomat. Lycopene dapat mencegah pembentukan sel kanker seperti, kanker prostat, kanker rektal, kanker perut, mulut, dan kerongkongan. Selain lycopene, tomat juga menyediakan berbagai nutrisi lainnya, seperti :

  • Makronutrisi

Sebuah tomat berukuran sedang (diameter 2,5 inci) menyediakan 22 kalori, atau hampir 1 persen dari diet standar 2.000 kalori. Ini juga mengandung 1 g protein, yang membantu mengatur pencernaan dari 4,8 g karbohidrat yang terkandung di dalamnya. 1,5 g serat dalam tomat ukuran sedang juga menyumbang manfaat bagi pencernaan dan mencegah keinginan untuk makan makanan tidak sehat.

  • Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air yang memainkan peran penting dalam metabolisme mineral dan fungsi selular. Vitamin C berperan sebagai antioksidan dan mencegah sel-sel dari kerusakan oksidatif. Satu cangkir tomat anggur menyediakan 20 miligram vitamin C, yang menyumbang kebutuhan vitamin C harian untuk pria 27 persen dan wanita 33 persen. Tomat anggur yang manis dan rendah kalori merupakan pilihan yang baik untuk ngemil sehat.

  • Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penting bagi fungsi penglihatan dan perkembangan sel. Vitamin A secara kolektif mengacu pada tiga senyawa yang ditemukan dalam produk hewani disebut retinoid. Tanaman mengandung karotenoid. Karotenoid merupakan kelompok senyawa yang dapat dikonversi tubuh menjadi retinoid. Sebuah tomat ukuran sedang mengandung sekitar 1.025 IU (unit internasional) vitamin A. Jumlah tersebut menyediakan setidaknya sepertiga rekomendasi harian vitamin A untuk orang dewasa.

  • Kalium

Kalium adalah elektrolit dan mineral yang penting bagi tubuh untuk berfungsi secara normal. Fungsinya membantu pertumbuhan sel dan jaringan, komunikasi antara saraf dan otot serta keseimbangan air. Kalium juga memainkan peran dalam gerakan nutrisi dan limbah yang masuk ke dalam dan keluar sel. Tomat dan produk tomat dianggap sebagai sumber kalium yang sangat baik. Per 100 g  tomat menyediakan 237 mg, sedangkan secangkir saus tomat tanpa tambahan sodium dan gula mengandung 800 mg kalium.

  • Vitamin K

Vitamin K penting untuk pembentukan tulang dan pembekuan darah. Satu cangkir jus tomat menyumbang 23 mcg vitamin K.

  • Mangan

Mangan adalah unsur mineral yang diperlukan dalam jumlah kecil tapi sangat penting untuk metabolisme, pembentukan jaringan dan reproduksi. Sebuah tomat ukuran sedang menyediakan 5 sampai 10 persen dari kebutuhan harian orang dewasa untuk nutrisi ini.

Sumber gambar : ahlikolesterol.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY