Berbagai Penyakit Pada Sistem Kemih Manusia

SehatFresh.com – Sistem kemih manusia terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter dan uretra. Berbagai penyebab bisa menyebabkan penyakit pada sistem kemih dengan berbagai tingkat keparahan, mulai dari yang ringan hingga yang mengancam jiwa. Beberapa penyebab umum dari penyakit sistem kemih berkaitan dengan usia, penyakit atau cedera lainnya.

Sistem kemih mengekskresikan limbah yang larut dalam air dari tubuh melalui urin. Sistem ini juga membantu menjaga keseimbangan yang tepat dari bahan kimia dan air dalam tubuh. Gangguan pada sistem kemih dapat mengubah kemampuan seseorang untuk buang air kecil secara normal, dan juga bisa mengarah pada masalah yang lebih serius.

  • Infeksi saluran kemih

Bakteri yang masuk saluran kemih dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK), yang dapat memengaruhi uretra, kandung kemih atau bahkan ginjal. ISK lebih sering terjadi pada wanita. Namun, ini dapat terjadi pada pria juga. ISK yang memengaruhi kandung kemih juga disebut sistitis, dan ISK pada ginjal disebut pielonefritis. ISK biasanya dapat diobati dengan antibiotik.

  • Interstitial cystitis

Interstitial cystitis (IC) merujuk pada kondisi kandung kemih kronis yang belum diketahui penyebab pastinya. Kondisi ini dapat menyebabkan jaringan parut pada kandung kemih, dan dapat membuat kandung kemih menjadi kurang elastis. Ini membuat kandung kemih tidak dapat menahan banyak urin sebagaimana mestinya. IC dapat menyebabkan nyeri panggul, nyeri selama hubungan seksual dan meningkatkan frekuensi kencing.

  • Prostatitis

Prostatitis adalah gangguan sistem kemih pada pria yang ditandai dengan pembengkakan kelenjar prostat. Gejalanya meliputi urgensi dan frekuensi kemih, nyeri panggul, dan sakit saat buang air kecil.

  • Batu ginjal

Batu ginjal adalah bagian kecil dari bahan yang mungkin ada di mana saja di saluran kemih. Batu-batu kecil biasanya bisa keluar dengan mudah bersama urin. Namun, batu yang lebih besar (sampai dengan ukuran mutiara) menimbulkan rasa nyeri dan memerlukan perhatian medis.

  • Gagal ginjal

Gagal ginjal bisa bersifat akut dan kronis. Gagal ginjal terjadi bila ginjal tidak dapat menyaring limbah dari darah. Kasus akut dapat disebabkan oleh trauma atau kerusakan lainnya, dan dapat pulih dari waktu ke waktu dengan pengobatan yang tepat. Namun, penyakit ginjal dapat menyebabkan gagal ginjal kronis, memerlukan perawatan dialisis atau bahkan transplantasi ginjal.

  • Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih dapat menyebabkan nyeri punggung atau panggul, nyeri saat buang air kecil serta peningkatan dorongan untuk buang air kecil. Hal ini juga dapat menyebabkan adanya darah dalam urin. Pemulihan dari kanker kandung kemih tergantung pada ukuran tumor, dan pada stadium mana pasien didiagnosis.

Sumber gambar : berbagaipenyakit-1.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY