Berbagai Tips untuk Menambah Berat Badan Bayi Menjadi Ideal

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika sang buah hati telah lahir, merawatnya merupakan kewajiban anda sebagai orang tua. Orang tua tentunya ingin memberikan hal yang terbaik pada bayinya agar tumbuh dan berkembang dengan baik.

Seiring proses pertumbuhan dan perkembangan bayi, tidak jarang orang tua khususnya ibu menemui beberapa permasalahan pada bayinya. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan ibu yaitu adanya penurunan berat badan bayi ataupun sebaliknya. Padahal bayi seharusnya memiliki pertambahan berat badan setiap pertambahan usianya.

Sebenarnya penurunan berat badan pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Seperti, kurang seimbangnya asupan nutrisi bayi, aktivitas yang mulai aktif pada bayi usia di atas 6 bulan, sedang sakit dan mengalami gangguan kesehatan khususnya pada sistem pencernaan.

Penurunan berat badan pada bayi pasti akan membuat ibu merasa khawatir. Oleh karena itu ibu mencari berbagai cara agar dapat menaikan berat badan bayinya menjadi ideal. Tetapi tak jarang mereka mengeluh sudah melakukan berbagai cara dan anak tetap saja kurus atau bahkan semakin menurun berat badannya.

Jika sudah terjadi hal seperti itu, maka diperlukan cara menambah berat badan bayi yang benar dan aman tentunya. Anda jangan khawatir, berikut akan di uraikan beberapa tips yang dapat anda gunakan agar berat badan anak bertambah atau ideal :

  1. ASI

Ketika bayi anda masih berusia di bawah 6 bulan tidak mungkin bagi anda memberikan makanan tambahan, karena makanan utama bayi usia kurang dari 6 bulan adalah ASI. ASI adalah makanan wajib bayi yang sangat kaya dengan nutrisi. Oleh karena itu jangan pernah hentikan pemberian ASI sampai bayi berusia 6 bulan sehingga dapat mencegah penurunan berat badan dan membuat berat badan bayi tetap ideal. Anda harus selalu ingat untuk memberikan ASI eksklusif untuk bayi selama 6 bulan.

  1. Susu formula

Bagi bayi yang usianya sudah 6 bulan ke atas. Alternatif MPASI yang dapat anda gunakan salah satunya yaitu susu formula. Selain dapat menambah nutrisi bayi, mungkin cara ini juga efektif digunakan bagi para wanita karir yang sibuk dengan pekerjaannya tetapi nutrisi bayi tetap tercukupi.

  1. Jadwalkan pemberian MPASI

Karena pemberian makanan pada bayi 6 bulan ke atas merupakan makanan pendamping bagi ASI. Mungkin anda dapat menjadwalkan pemberian MPASI 2-3 kali dalam sehari. Tentunya MPASI tersebut juga harus memiliki kandungan gizi yang baik.

  1. Memberikan makanan penambah berat badan bayi

Kandungan gizi yang baik diperlukan dalam makanan yang anda berikan pada bayi agar mendampatkan berat badan yang ideal. Anda dapat memberikan makanan penambah berat badan bayi dengan perbandingan karbohidrat, protein dan sayuran sebanyak 50:50. Seperti nasi tim 4 sendok makan ditambah 2 sendok makan lauk dan 2 sendok makan sayuran. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here