Berbahayakah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya terlebih dahulu kita mengenal tentang kelenjar getah bening serta fungsinya untuk kesehatan. Kelenjar getah bening merupakan bagian imun tubuh yang terdapat di ketiak, pangkal paha, belakang daun telinga, leher serta jantung. Setiap anak memiliki kelenjar getah bening karena memang memiliki fungsi tersendiri bagi kesehatan.

Fungsi kelenjar getah bening adalah memproduksi sel darah putih untuk melawan mikroorganisme yang berbahaya bagi anak. Dengan begitu, anak tidak mudah terserang penyakit. Karena fungsinya tersebut, maka anak memang membutuhkan adanya kelenjar getah bening tersebut. Namun hal yang tak wajar adalah jika kelenjar getah bening tersebut membesar atau mengalami pembengkakan.

Pembengkakan kelenjar getah bening pada anak dapat diraba di bagian belakang telinga serta leher. Pada kondisi normal, kelenjar getah bening tersebut tidak terlihat dan tidak bisa diraba. Apabila terjadi pembengkakan tersebut, berarti anak sedang mengalami masalah kesehatan serta di dalam sistem kekebalan tubuhnya sedang mengalami gangguan yaitu infeksi. Infeksi tersebut disebabkan oleh tonsil atau kuman dalam tubuh yang menyebabkan pilek dan demam pada anak. Hal tersebut perlu diwaspai apalagi jika pembengkakan tersebut tak kunjung hilang karena dapat membahayakan kesehatan si kecil.

Terjadinya gangguan kesehatan yang ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening dapat dilihat dari beberapa gejala seperti mengerasnya kelenjar ketika ditekan, kesulitan bernafas, sakit tenggorokan atau demam dalam jangka waktu yang lama, penurunan berat badan lalu munculnya pembengkakan kelenjar.

Di bawah ini adalah beberapa kemungkinan penyakit yang dapat diketahui dengan pembengkakan kelenjar getah bening:

  1. Infeksi akut

Pada anak, infeksi akut yang terjadi di sekitar leher dan kepala adalah karena pembesaran atau pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening tersebut dapat terjadi karena anak mengalami demam. Anak yang mengalami infeksi akut ini dapat sembuh dengan sendirinya.

  1. Infeksi kronik

Infeksi ini dikaitkan dengan keadaan paru- paru anak yang mengalami gangguan tertentu. Namun kadang infeksi kronik tersebut dapat terjadi pada anak dengan kondisi paru- paru yang sehat. Infeksi kronik disebabkan oleh mycobacterium tubercolusa yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening. Sebaiknya dalam kondisi tersebut, Anda segera mengonsultasikan pada dokter.

  1. Kanker kelenjar getah bening

Jika ditangani sejak dini, kanker kelenjar getah bening tersebut dapat disembuhkan. Biasanya anak dengan kanker tersebut mengalami demam, badan terasa lemah serta penurunan berat badan. Namun kanker ini tidak bisa dipastikan secara kasat mata maka harus dengan alat pemeriksaan seperti USG, MRI atau CT- scan. Jika anak mengalami kanker kelenjar getah bening, bisa dilakukan terapi kanker getah bening.

Berdasarkan penjelasan tersebut, sebaiknya orang tua secara rutin membawa anak ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan agar dapat mengetahui kondisi kesehatan anak secara pasti. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here